Sukses

PPKM Dicabut, Momentum Masyarakat Jakarta Tanpa Masker di Malam Tahun Baru

Masyarakat Jakarta tengah asyik merayakan malam tahun baru di kawasan car free night (CFN). Pantauan di lokasi, tepatnya di Jalan Sudirman, sebagian dari mereka sudah tidak lagi tampak mengenakan masker.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Jakarta tengah asyik merayakan malam tahun baru di kawasan car free night (CFN). Pantauan di lokasi, tepatnya di Jalan Sudirman, sebagian dari mereka sudah tidak lagi tampak mengenakan masker.

“Kan PPKM sudah dicabut,” kata Anto salah satu warga yang tak bermasker di Jalan Sudirman, Jakarta, Sabtu (31/12/2022).

Memang tidak semua, sebagian kelompok masyarakat lainnya masih tetap ingin menggunakan masker meski kebijakan PPKM sudah dicabut.

“Ngerasa lebih aman saja kalau pakai masker,” ujar Fitri yang memiliki opini berbeda.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mencabut aturan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), mulai Jumat 30 Desember 2022 lalu. Jokowi mengungkapkan alasan pencabutan PPKM yang sudah berlangsung lama guna membatasi kegiatan masyarakat demi mencegah penyebaran Covid-19.

Jokowi mengatakan bahwa pencabutan status PPKM menyusul situasi Covid-19 di Indonesia yang semakin terkendali. Pemerintah bahkan telah melakukan kajian selama lebih dari 10 bulan.

"Lewat pertimbangan-pertimbangan yang berdasarkan angka-angka yang ada, maka pada hari ini pemerintah memutuskan untuk mencabut PPKM," jelas Jokowi dalam konferensi pers di Istana Negara Jakarta.

2 dari 2 halaman

Tetap Waspada

Jokowi menuturkan berbagai kondisi yang dipantau pemerintah sebelum memutuskan pencabutan PPKM di Indonesia.

"Per 27 Desember 2022, 1,7 kasus per satu juta penduduk, positivity rate mingguan itu 3,35 persen, tingkat perawatan rumah sakit atau bor berada di angka 4,79 persen dan angka kematian di angka 2,39 persen. Ini semuanya berada di bawah standar dari WHO," katanya.

Meski PPPKM dicabut, semua masyarakat diminta untuk tetap waspada terhadap risiko penyebaran Covid-19, menyusul dicabutnya kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Dengan pemakaian masker di keramaian dan ruang tertutup tetap dilanjutkan.

  • PPKM adalah singkatan dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat.

    PPKM

  • Tahun baru adalah suatu perayaan di mana suatu budaya merayakan berakhirnya masa satu tahun dan menandai dimulainya tahun yang baru.
    Tahun baru adalah suatu perayaan di mana suatu budaya merayakan berakhirnya masa satu tahun dan menandai dimulainya tahun yang baru.

    Tahun Baru 2023