Sukses

Jokowi Ajak Masyarakat Bawa Indonesia Lebih Maju di Tahun 2023

Jokowi mengungkap banyak hal yang bisa dikenang sepanjang tahun 2022. Mulai dari kenangan yang menggembirakan hingga hal-hal yang kurang menyenangkan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo alias Jokowi mengajak masyarakat membawa Indonesia ke arah yang lebih baik. Dia meminta masyarakat turut serta membawa Indonesia menjadi lebih maju di tahun 2023.

"Mari menyongsong harapan, tantangan dan peluang yang baru. Tetap bersama melangkahi ambang tahun 2023 menuju Indonesia yang maju," ujar Jokowi dalam akun instagramnya, Minggu (1/1/2023).

Jokowi mengungkap banyak hal yang bisa dikenang sepanjang tahun 2022. Mulai dari kenangan yang menggembirakan hingga hal-hal yang kurang menyenangkan.

Dari sisi yang menyenangkan, Jokowi menyebut Indonesia berhasil melewati masa-masa sulit pandemi Covid-19 dan ancaman resesi. Tak hanya itu, perekonomian Indonesia juga tumbuh positif sepanjang 2022.

"Pertemuan dan presidensi G20 berjalan dengan baik, situasi politik dan keamanan dalam negeri yang kondusif, pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia berjalan sesuai rencana dan lain lain," kata dia.

Sebaliknya, ada pula hal-hal yang membawa kesedihan, yakni bencana alam yang melanda beberapa daerah di Indonesia, seperti banjir, tanah longsor hingga gempa bumi.

"Semua itu, kabar baik dan kurang menyenangkan, datang silih berganti, memberi pelajaran sekaligus menguatkan dan mempersatukan," ungkap Jokowi.

2 dari 2 halaman

Jokowi Habiskan Malam Tahun Baru di Istana Bogor

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengaku tak memiliki agenda khusus di malam pergantian tahun 2023, Sabtu (31/12/2022).

Dia menyampaikan dirinya akan menghabiskan malam tahun baru di Istana Kepresidenan Bogor.

"Enggak ada (acara khusus). (Tahun baru) di (Istana) Bogor," ujar Jokowi kepada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat 30 Desember 2022.

Dia hanya tertawa saat ditanya apakah ada kegiatan bakaran di malam tahun baru, sebagaimana yang kerap dilakukan masyarakat. Sementara ketika ditanya apakah akan bermain dengan cucu-cucunya, Jokowi menjawab tidak ada.

"Enggak. Tidur," ucap Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi mengisi awal tahun baru 2022 dengan bermain dengan cucu-cucunya yakni, Jan Ethes Srinarenda dan Sedah Mirah Nasution di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat.

Ia mengajak kedua cucunya berjalan santai di sekitar Istana Bogor.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.

    Indonesia

  • Tahun baru adalah suatu perayaan di mana suatu budaya merayakan berakhirnya masa satu tahun dan menandai dimulainya tahun yang baru.

    Tahun Baru

  • Tahun baru adalah suatu perayaan di mana suatu budaya merayakan berakhirnya masa satu tahun dan menandai dimulainya tahun yang baru.
    Tahun baru adalah suatu perayaan di mana suatu budaya merayakan berakhirnya masa satu tahun dan menandai dimulainya tahun yang baru.

    Tahun Baru 2023

  • 2023

  • masyarakat.