Sukses

Infografis Menanti Kejutan di HUT ke-50 PDIP

Momentum HUT ke-50 PDIP dinantikan banyak pihak, terutama kalangan politikus. Banyak pihak menduga Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri bakal mengumumkan capres 2024 pada saat harlah partai.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP merayakan Hari Ulang Tahun atau HUT ke-50. Perayaan HUT ke-50 PDIP akan dipusatkan di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa 10 Januari 2023.

Momentum hari lahir atau harlah partai berlambang banteng bermoncong putih itu pun dinantikan banyak pihak, terutama kalangan politikus. Sebab, banyak pihak menduga Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bakal mengumumkan calon presiden atau capres 2024 pada saat harlah partai.

Apalagi, beberapa hari sebelumnya Hasto Kristiyanto sedikit memberikan bocoran. Menurut Sekretaris Jenderal atau Sekjen PDIP tersebut, Megawati kerap memberikan kejutan saat partainya menggelar acara besar seperti rapat kerja nasional atau rakernas hingga HUT partai.

"Setiap HUT memang kita merancang dengan baik ada element of surprise (unsur kejutan) yang selalu ditampilkan," ujar Hasto Kristiyanto di Jakarta, Minggu 8 Januari 2023.

Hasto lantas mencontohkan pengumuman Joko Widodo atatu Jokowi sebagai capres periode kedua. Itu, kata dia juga di luar dugaan, karena diumumkan secara tiba-tiba oleh Megawati Soekarnoputri.

"Bahkan ketika umumkan Pak Jokowi pada periode kedua. Itu pun di luar dugaan, sehingga rekamannya hanya melalui handphone, socmed (social media), saat itu secara tiba-tiba ibu membicarakan itu," kata Sekjen PDIP tersebut.

Adapun Ketua DPP PDIP Puan Maharani juga mengatakan akan ada kejutan di harlah partai. Namun, Puan menyebut kejutan itu hanya diketahui dan akan disampaikan oleh Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Setiap ulang tahun kan ada surprise (kejutan). Tapi namanya surprise, ya enggak tahu. Cuma ibu ketua umum," kata Puan Maharani di Jakarta, Senin 9 Januari 2023.

Bagaimana ragam tanggapan wacana PDIP mengumumkan capres 2024 saat HUT ke-50? Apa saja perintah harian Megawati untuk para kader jelang harlah partai? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Infografis Menanti Kejutan di HUT ke-50 PDIP

3 dari 4 halaman

Infografis Ragam Tanggapan Wacana PDIP Umumkan Capres 2024 Saat HUT ke-50

4 dari 4 halaman

Infografis 7 Perintah Megawati untuk Kader Jelang HUT ke-50 PDIP

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.