Sukses

Golkar Sebut Nama Calon Menpora Pengganti Zainudin Amali di Tangan Airlangga

Juru Bicara (Jubir) DPP Partai Golkar Tantowi Yahya menyampaikan pihaknya memiliki banyak stok untuk menggantikan posisi Zainudin Amali sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

Liputan6.com, Jakarta Juru bicara (jubir) DPP Partai Golkar Tantowi Yahya menyampaikan pihaknya memiliki banyak stok untuk menggantikan posisi Zainudin Amali sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Diketahui, Amali resmi terpilih sebagai Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI pada Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI, 16 Februari 2023 kemarin.

Tantowi mengatakan Golkar ibarat kawah Candradimuka, tempat pembentukan kader-kader dan calon pemimpin.

“Jadi Ketum dalam hal ini tidak terlalu gusar dan mencari siapa pengganti, karena Golkar itu partai kader dan partainya sudah disiapkan untuk posisi-posisi apa pun,” kata Tantowi pada wartawan, Selasa (21/2/2023).

Tantowi menyatakan nama calon pengganti Amali sepenuhnya berada di tangan Ketum Golkar Airlangga Hartarto.

“Nah saya enggak tau itu (nama pengganti), itu kan ranahnya ketum, siapa-siapa aja yang udah disiapkan atau dalam pikiran Beliau,” kata dia. 

Menurut Tantowi, sebenarnya Presiden Jokowi menyampaikan tidak keberatan ada menterinya merangkap jabatan. Namun, Zainudin Amali menyatakan dirinya ingin lebih fokus ke PSSI.

"Kubu pertama adalah presiden tidak keberatan apabila yang bersangkutan masih menjabat sebagai menteri. Tapi si menterinya sendiri itu lebih memilih mengundurkan diri gitu, kita lihatlah nanti keputusan presiden seperti apa. Kalau enggak salah bakal ada pertemuan itu," kata Tantowi.

Sebelumnya, Zainudin Amali mengatakan sudah melapor ke Jokowi dan dipersilakan apabila ingin fokus PSSI.

"Saya sampaikan kepada Bapak Presiden, 'Bapak, saya akan fokus dan konsentrasi mengurus sepak bola menjadi pengurus PSSI' dan itu dipahami oleh Beliau dan Beliau menyampaikan kepada saya saya diizinkan untuk konsentrasi dan fokus kepada sepak bola," kata Amali. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Sudah Terima Pengunduran Diri Menpora Zainudin Amali Secara Informal

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, Zainudin Amali, sudah menyampaikan keinginannya mundur dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), usai terpilih menjadi Wakil Ketua Umum PSSI. Namun, Jokowi belum menerima surat pengunduran diri dari Amali secara resmi.

"Secara resmi belum, tertulis belum. Informal sudah," kata Jokowi usai meninjau Normalisasi Kali Ciliwung Jakarta, Selasa (21/2/2023).

Dia belum mau berbicara soal Menpora pengganti Zainudin Amali. Hal itu, kata Jokowi, akan diputuskan setelah Zainudin Amali menyampaikan pengunduran diri secara resmi.

"Gantinya nanti kalau sudah ada resminya baru saya bicara ya," ujar Jokowi.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung menilai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali sudah berbicara langsung soal pengunduran diri sebagai menteri, usai terpilih menjadi Wakil Ketua Umum PSSI. Pramono pun meminta semua pihak menunggu keputusan Jokowi terkait pergantian Menpora.

"Itu (soal pengunduran diri) pasti pembicaraan secara langsung antara Pak Zainudin Amali dengan Bapak Presiden," kata Pramono kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (20/2/2023).

"Tunggu saja," sambungnya.

Dia mengatakan para menteri yang mencalonkan diri sebagai pemimpin di dalam organisasi luar pemerintahan, pasti sudah mengantongi izin dari Presiden Jokowi. Termasuk, Menteri BUMN Erick Thohir serta Menpora Zainudin Amali yang menjadi Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum PSSI.

Pramono enggan berkomentar banyak soal kabar pengunduran diri Zainudin Amali dari jabatan Menpora. Dia mempersilahkan masyarakat menafsirkan sendiri pernyataan Amali yang ingin fokus mengurus sepak bola.

"Kalau pak Zainuddin Amali sudah menyampaikan itu, maka ya tafsirnya seperti yang disampaikan pak Zainuddin Amali. Jadi tinggal ditunggu saja," jelas Pramono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.