Sukses

PDIP Gelar Pendidikan Kaderisasi Perempuan, Bakal Dibuka Megawati

DPP PDI Perjuangan (PDIP) menggelar acara Pendidikan Kader Perempuan tingkat nasional yang kedua tahun 2023.

Liputan6.com, Jakarta - DPP PDI Perjuangan (PDIP) menggelar acara Pendidikan Kader Perempuan tingkat nasional yang kedua tahun 2023.

Pembukaan dan pengarahan akan disampaikan langsung oleh Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta, Kamis (23/2/2023).

Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, pendidikan kaderisasi perempuan ini diikuti oleh seluruh kader Partai di seluruh Indonesia secara hybrid. Hasto menyebut, acara ini guna untuk mendorong pergerakan secara masif seluruh kader perempuan dari PDI Perjuangan.

"Nantinya Kaderisasi Perempuan yang kedua di tingkat nasional ini, akan dibuka oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri jam 14.00 WIB," kata Hasto, Kamis (23/2/2023).

Menurut Hasto, perspektif di dalam kaderisasi ini berupa ideologi, aspek kerakyatan, kebudayaan, pembemberdayaan perempuan hingga pergerakan ekonomi rakyat.

"Dan juga bagaimana seorang perempuan itu harus mempersiapkan diri untuk menjadi pemimpin dalam seluruh aspek kehidupan," terang Hasto.

Sementara, Ketua DPP PDIP bidang Ideologi dan Kaderisasi Djarot Saiful Hidayat menambahkan bahwa kaderisasi perempuan yang diikuti 100 perserta ini dimulai sejak 23-26 Februari 2023 di Sekolah Partai PDIP.

Sedangkan, peserta yang mengikuti secara online ada 2.603 orang yang tersebar diseluruh indonesia.

"Dan yang menggembirakan juga ikut secara offline itu ada perwakilan yang khusus itu dari Papua Tengah, daerah otonomi Baru mengirimkan empat orang sebagai peserta, Ini merupakan lompatan karena baru dibentuk DPD nya kemudian sudah ke sini untuk persiapan pemenangan 2024," ucap Djarot.

"Termasuk juga saya sampaikan ada juga perwakilan perempuan dari luar negeri itu dari Saudi Arabia, itu hadir juga di sini satu orang," sambung Djarot.

2 dari 3 halaman

Undang Narasumber Ternama

Djarot mengatakan, bahwa acara Kaderisasi Perempuan ini akan mengundang sejumlah narasumber ternama di berbagai bidang dan profesi pengabdian, baik secara secara internal maupun eksternal.

"Profesinya ada eksekutif, legislatif, aktifis. Narasumber-narasumber perempuan itu ada 14 orang yang kita undang," ujar Djarot.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini pun membeberkan sejumlah narasumber yang hadir di antaranya, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, Akademisi Doktor Rini dari Universitas Indonesia (UI), Pakar Hukum Tata Negara Bivitri Susanti hingga politikus Indonesia dan aktivis Nahdlatul Ulama Yenny Wahid.

"Mengisi juga kader dari internal Kepala Daerah kita yang perempuan, ada dua orang satu Wali Kota Semarang Mbak Ita, dan Bupati Banyuwangi Mbak Ifuk,” tambahnya.

3 dari 3 halaman

Undang KPK

Djarot melanjutkan, bahwa PDIP turut mengundang Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI Firli Bahuri untuk menjadi narasumber.

"Beliau juga konfirmasi akan hadir hari Minggu, untuk berbicara tentang peran perempuan untuk anti korupsi. Penting sekali termasuk juga kita mendorong supaya para perempuan ini bisa aktif di politik agar bisa menjadi eksektif dan legislatif sebagai repersentasi kesetaraan jender," papar Djarot.

"PDI Perjuangan terus mendorong kaum perempuan agar mau bersedia terjun pengabdian di lapangan politik dan lapangan publik," tutupnya.