Sukses

Melancong ke Jepang, Jangan Lupa Rasakan Sensasi Makanan Mentah di Pasar Ikan Tsukiji Tokyo

Pasar Ikan Tsukiji adalah pasar ikan legendaris yang sudah berdiri sejak zaman edo pada 1935.

Liputan6.com, Jakarta - Melancong ke pusat kota Tokyo di Jepang, rasanya belum lengkap kalau belum mencicipi makanan khas Negeri Sakura yaitu sushi. Sushi adalah makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk baik yang ditempel di atasnya atau dimasukkan dan dirol bersama di dalamnya.

Tim Liputan6.com bersama Tim tiket.com berkesempatan mengunjungi salah satu restoran sushi paling recommended versi trip advisor yang bernama Sushi Zanmai saat berada di Pasar Ikan Tsukiji pada Kamis 23 Februari 2023 pukul 9 pagi waktu setempat.

Pasar Ikan Tsukiji adalah pasar ikan legendaris yang sudah berdiri sejak zaman edo pada 1935. Lokasinya saat ini berada di kawasan Chuo, setelah sebelumnya berada di Nihonbashi yang direlokasi oleh pemerintah setempat pada tahun 2018 menyambut gelaran Tokyo Olympic 2020.

Pada kesempatan ini, kami memesan sejumlah menu mulai dari sushi meal hingga kaisen don. Uniknya, semua makanan yang disajikan kepada pengunjung di sini adalah berjenis sashimi atau makanan mentah yang segar dari daging ikan.

Penyajiannya juga menarik. Pengunjung diperlihatkan langsung saat seekor ikan segar yang sudah mati dipotong ke beberapa bagian lalu dicuci bersih sebelum dipotong kecil-kecil dan disajikan ke piring hidangan.

Awalnya kami berpikir rasanya akan sangat amis dan mentah, namun ajaibnya rasa yang kami kunyah malah sebaliknya yakni segar dan nikmat. Menurut pramusaji di resto tersebut, sensasi segar dan nikmat meski dimakan mentah membuktikan jika kualitas ikan yang disajikan adalah yang terbaik. Namun bagi sebagian penikmat sushi, menambahkan kecap asin, bon cabe dan wasabi juga dianjurkan guna menambah citarasa. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Ramah di Kantong

Soal harga, Sushi Zanmai di Pasar Ikan Tsukiji termasuk ramah di kantong. Tidak jauh berbeda pada resto sushi di Jakarta pada umumnya yang membanderol Rp 30 ribu untuk satu piring sushi dengan isi 3 sampai 4 potong. Pada menu lainnya yang lebih kompleks komposisi variannya, seperti kaisen don atau rice bowl, harga dibanderol berkisar dari Rp 50 ribu sampai Rp 100 ribu.

Sebagai informasi,  Pasar Ikan Tsukiji tidak hanya menyajikan sushi. Pada tenan lainnya banyak menu menarik seperti gurita bakar atau sate jeroan ayam yang gurih dengan harga terjangkau bagi kantong wisatawan asal Indonesia.

Pasar Ikan Tsukiji sejatinya adalah tempat jual beli ikan pada umumnya seperti di Pasar Muara Baru dan Pasar Kramat Jati di Jakarta. Selain harganya yang bersahabat dan kualitas ikan yang baik, akhirnya Pasar Ikan Tsukiji tumbuh dan menarik animo wisatawan yang penasaran dengan kebersihan, kerapian dan tidak adanya bau amis meski dikelilingi ikan-ikan mentah. 

Pada akhirnya, kini Pasar Ikan Tsukiji dikenal sebagai salah satu destinasi wajib bagi para wisatawan yang tengah melancong ke Tokyo. Sejatinya pasar, jika para wisatawan ingin mejajal sensasi Pasar Ikan Tsukiji, disarankan agar datang sepagi mungkin. Sebab pasar ini sudah beroperasi sejak dini hari.

Jadi setelah asik berkeliling melihat aktivitas jual beli ikan di pasar, mengisi perut dengan ikan segar dapat menjadi menu sarapan.

Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.