Sukses

Jokowi Utus Ma’ruf Amin Tinjau Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Presiden Joko Widodo menyatakan telah mengutus Wakil Presiden Ma’ruf Amin untuk mengunjungi lokasi kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo menyatakan telah mengutus Wakil Presiden Ma’ruf Amin untuk mengunjungi lokasi kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara. 

“Presiden tidak ke Plumpang hari ini. Tapi, Presiden sudah berkoordinasi dengan Wapres yang akan meninjau hari ini,”kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin pada wartawan, Sabtu (4/3/2023).

Bey menyebut Jokowi juga telah memberi arahan pada Menteri BUMN hingga Pj Gubernur DKI Jakarta untuk fokus pada evakuasi korban.

“Presiden telah memberikan arahan kepada Kapolri, Menteri BUMN, dan Gubernur DKI Jakarta. Intinya Presiden minta untuk mengutamakan evakuasi korban dan penanganan warga terdampak,” kata Bey. 

Diketahui, Ketua PMI Jusuf Kalla mengunjungi penampungan lokasi pengungsian warga terdampak kebakaran depo BBM Pertamina, Plumpang, Jakarta Utara. 

Jusuf Kalla  menyebut PMI siap menampung seluruh warga hingga memiliki tempat tinggal atau penampungan yang layak

“Rumah yang ikut terbakara kita tampung di sini dan keita penuhi semua kebutuhannya tentu. PMI siap untuk membantu selama di pengungsian,” kata JK dilihat dari siaran langsung TV, Sabtu (4/3/2023).

JK menyebut pihaknya tidak memberi batas waktu berapa lama pengungsi bisa menempati posko PMI. Menurutnya selama kondisi darurat maka selama itu warga dipersilakan menempati posko PMI.

“Waktu berapa lama saja, sebelum mereka mendapat rumah tinggal kita akan tanggung. Kita akan tampung selama mereka butuh. Semua akan kita bantu, PMI memang tugasnya itu,” kata dia.

 

 

2 dari 2 halaman

RS Polri Terima 16 Kantong Jenazah Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

RS Polri Kramat Jati sudah menerima sekitar 16 kantong jenazah korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara. Dari 16 kantong jenazah tersebut, 14 diterima malam hari usai kejadian, sedangkan 2 lainnya diterima hari ini, Sabtu (4/3/2023).

"Untuk yang saya terima data sejauh ini, sampai semalam 14, hari ini tadi ada 15, sampai siang tadi ada 16, namun butuh pencocokan dan penelitian dulu," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko di lokasi kebakaran.

Trunoyudo menyebut pihak keluarga yang merasa kehilangan anggota keluarganya bisa mendatangi RS Polri Kramat Jati guna membantu identifikasi jenazah.

"Namun demikian tugasnya adalah DVI tim kedokteran nanti membentuk posko yang ada di RS Sukanto. Korban bisa melihat di sana untuk identifikasi jenazah," kata dia.

Kasi Ops Damkar Jakarta Utara Abdul Wahid menyebut dugaan sementara kebakaran Depo Pertamina Plumpang akibat tersambar petir. Namun menurut Abdul, itu hanya dugaan sementara.

"Kalau informasi yang diterima itu kesamber petir," ujar Abdul dalam keterangannya, Jumat (3/3/2023).

Abdul menyebut warga di sekitar lokasi kebakaran sudah mulai dievakuasi. Terkait personel, dia menyebut ada kemungkinan terus ditambah mengingat kebarakan yang terjadi sangat besar.

"Kalau personil kemungkinan masih bertambah, kemungkinan dari dinas juga bakalan turun," kata dia.

Terjadi kebakaran di Depo Pertamina di Jalan Tanah Merah Bawah RT012/RW09, Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara, Jumat (3/3/2023) malam.

Berdasarkan informasi yang Liputan6.com peroleh kejadian terjadi pukul 20.11 WIB. Adapun objek yang terbakar ialah pipa bensin Pertamina.