Sukses

Kondisi Korban Depo Pertamina Plumpang Terbakar Sempurna, Jadi Kendala Polisi Lakukan Identifikasi

Tim DVI dari kedokteran RS Polri Kramat Jati masih berusaha mengidentifikasi sisa tujuh jenazah dan satu body part atau potongan tubuh dari korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang. Sebab, ada kendala yang dialami tim dalam proses identifikasi korban.

Liputan6.com, Jakarta - Tim DVI dari kedokteran RS Polri Kramat Jati masih berusaha mengidentifikasi sisa tujuh jenazah dan satu body part atau potongan tubuh dari korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang. Sebab, ada kendala yang dialami tim dalam proses identifikasi korban.

"Kendala kami adalah kondisi jenazah dimana kondisi jenazah, kebanyakan yaitu terbakarnya sempurna gitu," kata Karo Lab Pusdokkes Polri Brigjen Prima Heru saat jumpa pers di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (7/3).

Atas kendata itu, Prima mengatakan pihaknya perlu melakukan pendalaman pemeriksaan dan ketelitian guna proses identifikasi terhadap ketujuh korban tersebut.

"Jadi itu mungkin ada kroscek-kroscek atau pemeriksaan lebih lanjut, jangan sampai hasilnya tidak memuaskan, itu kendala kami," ucap Prima.

Sehingga, Prima menyatakan belum bisa memberikan target waktu dalam proses penyelesaian identifikasi. Karena, proses saat ini hanya menggunakan cara terakhir yakni memanfaatkan DNA dari para korban.

"Sehingga kita mengandalkan metode terakhir yang dapat diandalkan yaitu DNA. Jadi minimnya data antemortem. Memang ada beberapa keluarga yang kita panggil kembali untuk dilakukan pendalaman mengenai identitas lebih spesifik data antemotremnya dapat kita lakukan," jelasnya.

Senada terkait waktu target proses identifikasi, Karumkit Bhayangkara R Said Sukanto, Brigjen Hariyanto menyatakan belum dapat memastikan kapan akan selesai. Namun, pihaknya tetap berupaya sesegera mungkin merampungkan proses identifikasi.

"Jadi targetnya akan teridentifikasi semua, targetnya adalah kebenaran daripada identifikasi, jadi tentang waktu kita targetnya harus mengidentifikasi semua dengan kesaksian yang hampir 100 persen," kata Hariyanto.

2 dari 2 halaman

Sudah 8 Teridentifikasi

Sebelumnya, Tim DVI RS Polri Kramat Jati, kembali berhasil mengidentifikasi lima jenazah korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang. Sehingga total jenazah yang telah diidentifikasi sejauh ini berjumlah delapan korban.

"Telah berhasil mengidentifikasi 5 jenazah kembali. Dengan rincian 3 jenazah laki-laki dan 2 perempuan. Sehingga sampai hari ini total korban yang teridentifikasi ada 8," terang Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan, dalam jumpa pers di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (7/3).

Kelima jenazah ini telah diidentifikasi dari hasil penerimaan 15 kantong jenazah yang berisi korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang. Serta 1 kantong jenazah yang berisi bagian tubuh manusia.

Sumber: Bachtiarudin Alam/Merdeka.com