Sukses

Mundur dari Menpora, Zainudin Amali Serahkan soal Penggantinya ke Jokowi

Zainudin Amali telah menyerahkan surat pengunduran diri dari jabatan Menpora kepada Presiden Jokowi melalui Mensesneg Pratikno. Amali mundur dari jabatannya lantaran ingin fokus mengemban tugas sebagai Waketum PSSI.

Liputan6.com, Jakarta - Zainudin Amali resmi mengajukan pengunduran diri dari jabatannya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), karena ingin fokus menjadi Wakil Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indornsia (PSSI). Zainudin Amali pun menyerahkan kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi soal penggantinya di Kemenpora.

"Ya enggaklah (mengusulkan pengganti). Hak penggantinya adalah hak prerogatif Bapak Presiden," ucap Zainudin Amali saat ditemui di Kantor Kemensetneg, Jakarta, Kamis (9/3/2023).

Amali merupakan politikus Partai Golkar. Dia belum mengetahui apakah Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sudah berkomunikasi dengan Presiden Jokowi terkait pengganti dirinya sebagai Menpora.

"Enggak tahu itu komunikasi antara Pak Ketua Umum dan Pak presiden. Saya juga tidak menanyakan," ujarnya.

Kendati begitu, Amali mengakui dirinya beberapa kali berdiskusi dengan Airlangga Hartarto seputar pekerjaannya di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

"Dan Pak Airlangga sudah mengajak saya diskusi tentang berbagai hal yang terjadi, pekerjaan di Kementerian Pemuda dan Oahraga," tutur Amali.

Di sisi lain, dia berharap Menpora penggantinya dapat mendorong implementasi Perpres Nomor 86 tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Selain itu, kata Amali, ada UU Nomor 11 tahun 2022 tentang Keolahragaan yang membutuhkan aturan turunan.

"Untuk Desain Besar Olahraga Nasional, karena ini sudah jalan, harus didorong, dipicu lagi untuk implementasinya karena dari awal kita sepakat ini tidak sekadar peraturan presiden di atas kertas tapi harus bisa diimplementasikan," ucap Waketum PSSI ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Zainudin Amali Serahkan Surat Pengunduran Diri

Sebelumnya, Zainudin Amali menyerahkan surat pengunduran diri dari jabatan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) kepada Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Kamis (9/3/2023). Amali mengundurkan diri sebagai Menpora usai terpilih menjadi Wakil Ketua Umum PSSI.

"Pagi ini saya baru saja ketemu dengan Pak Mensesneg. Saya mengantarkan surat permohonan pengunduran diri saya dari posisi sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga," kata Zainudin Amali kepada wartawan di Kantor Kemensetneg Jakarta, Kamis (9/3/2023).

Dia mengatakan akan kembali menghadap Presiden Jokowi pada Senin, 13 Maret 2023, pasca penyerahan surat pengunduran diri sebagai Menpora. Pasalnya, saat ini Jokowi sedang melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Tengah.

"Tentu itu masih berupa surat. Memang saya masih harus bertemu dengan Bapak Presiden. Sekarang beliau sedang tidao ada, maka kemungkinan saya dijadwalkan hari Senin akan ketemu dengan Pak Presiden," jelasnya.

"Jadi teman-teman nanyakan kapan antar suratnya (pengunduran diri), hari ini tanggal 9 (hari) Kamis saya sudah antarkan," sambung Amali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.