Sukses

Jemaah Umrah Meningkat Jelang Ramadan, Februari Capai 30 Ribu Berangkat dari Bandara Soetta

Menurut Tito, sejak awal 2023, jumlah jamaah yang berangkat umrah sudah mulai naik dengan rata-rata kenaikan 2 sampai 15 persen setiap minggunya.

Liputan6.com, Jakarta Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Bandara Soekarno-Hatta mengatakan adanya peningkatan keberangkatan jemaah umrah menjelang bulan suci Ramadan

Berdasarkan data perlintasan Tempat Pemeriksaan Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta peningkatan jemaah umrah terjadi sejak pekan lalu atau 26 Februari hinggal 4 Maret 2023, tercatat 25.104 jamaah umrah yang berangkat. 

"Jumlah ini meningkat dibandingkan pada pekan sebelumnya yaitu 19-25 Februari 2023 dengan jumlah 24.457 orang yang melintas berangka. Dari data tersebut, sudah nampak kenaikan di akhir bulan lalu," kata Kepala Kantor Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta Muhammad Tito Andrianto, Kamis (9/3/2023).

Menurut Tito, sejak awal 2023, jumlah jamaah yang berangkat umrah sudah mulai naik dengan rata-rata kenaikan 2 sampai 15 persen setiap minggunya.

"Mengindikasikan kenaikan masih akan terjadi diminggu-minggu kedepan hingga waktu lebaran tiba," ujar Tito.

Tito juga memprediksi, kenaikan keberangkatan jamaah umrah mencapai 15 sampai 20 persen saat bulan Ramadan. Pasalnya, masyarakat sudah menanti-nanti momen Ramadan untuk pergi ke Tanah Suci, sebab sebelumnya tertahan akibat pandemi Covid-19.

Apalagi, lanjutnya, saat ini mendapatkan paspor untuk tujuan umroh juga lebih mudah, setelah Dirjen Imigrasi menegaskan tidak perlu lagi surat rekomendasi Kemeterian Agama. 

"TPI Soekarno-Hatta juga telah bersiap untuk menghadapi arus umroh, mudik, dan liburan pada bulan Ramadan dan lebaran 1 Syawal 1444 H yang juga diprediksi akan meningkat jumlahnya dibanding tahun lalu," kata Tito. 

Untuk mengantisipasi lonjakan keberangkatan jemaah umrah menjelang dan saat bulan Ramadan nanti, Imigrasi Soekarno-Hatta telah menyiagakan petugas dan fasilitas autogate di Terminal 3 internasional dan 2 F. 

Kepala Bidang Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandara Soekarno-Hatta Uchky Aditya mengatakan, dalam memfasilitasi para jemaah, berbagai fasilitas keimigrasian telah disiapkan.

"Animo masyarakat dalam melaksanakan umrah di bulan ramadan umumnya meningkat, sehingga kami menyiapkan berbagai kebutuhan dalam pemeriksaan keimigrasian para jemaah," tuturnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sistem Autogate Permudah Pelayanan

Dia menyebutkan, terdapat konter pelayanan pemeriksaan imigrasi manual beserta petugasnya dengan jumlah yang cukup banyak. Selain itu, ada fasilitas autogate yang bisa digunakan masyarakat untuk pemeriksaan mandiri. 

Sistem autogate sendiri merupakan salah satu fasilitas canggih yang dimiliki imigrasi untuk mempercepat dan mempermudah pelayanan pemeriksaan keimigrasian.

"Sistem autogate di terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta baru-baru ini diresmikan oleh Dirjen Imigrasi Bapak Silmi Karim dalam rangka peningkatan pelayanan”, tambahnya. 

Sistem autogate sebelumnya telah terpasang di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, dan sekarang ditambah di Terminal 2. 

"Kami juga telah melakukan sinergitas dengan berbagai stakeholder di bandara demi melancarkan proses penerbangan umrah di bulan ramadan nanti, salah satunya dengan Angkasa Pura II yang dahulu sebagai penyedia dan operator mesin autogate," katanya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini