Sukses

PDIP Tak Ingin Keakraban Presiden Jokowi, Prabowo dan Ganjar di Kebumen Dikaitkan dengan Pilpres 2024

PDI Perjuangan (PDIP) memaknai pertemuan antara Jokowi, Prabowo, dan Ganjar hanya sebatas kerja pemerintahan untuk menyukseskan program kemandirian pangan nasional.

Liputan6.com, Jakarta - Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD PDI Perjuangan (PDIP) Jawa Timur Said Abdullah mengatakan, keakraban antara Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tak mau dikaitkan dengan pilpres 2024.

Dia menyebut, PDI Perjuangan (PDIP) memaknai pertemuan antara Jokowi, Prabowo, dan Ganjar hanya sebatas kerja pemerintahan untuk menyukseskan program kemandirian pangan nasional.

Sebab, program ini sangat penting, menurutnya sebagian dari bahan pangan dipenuhi dari impor, padahal semua negara saat ini berkepentingan untuk mengamankan pasokan pangan masing-masing.

"Karena kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait peninjauan lapangan untuk program kemandirian pangan dilakukan di Jawa Tengah, otomatis Mas Ganjar sebagai Gubernur Jateng menjadi bagian dari kegiatan tersebut. Jadi kami tidak mau berpikiran lebih jauh menyangkut soal Pilpres 2024," kata Said, dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (10/3/2023).

Ketua Banggar DPR RI itu menyampaikan upaya mengamankan kebutuhan pasokan pangan nasional di tengah ketidakpastian ekonomi global menjadi agenda strategis pemerintah saat ini.

"DPR juga memberikan dukungan anggaran ketahanan pangan yang sangat besar pada tahun ini sebesar Rp. 104,2 triliun," ungkapnya. Dia pun menegaskan, anggaran tersebut harus membuahkan hasil, sehingga bisa mengurangi kebutuhan pangan nasional melalui kegiatan impor pangan.

"Kami sangat mengapresiasi perhatian presiden dan para menterinya atas program ini, termasuk sinergi pemerintah daerah dalam mendukung program ini," imbuh Said.

2 dari 2 halaman

Moment Akrab Jokowi, Prabowo, dan Ganjar di Kebumen

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tampil akrab saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Jawa Tengah. Jokowi juga terlihat melakukan swafoto bersama Prabowo dan Ganjar.

Berdasarkan foto yang dibagikan Sekretariat Presiden, Kamis 9 Maret 2023, keakraban itu terjadi saat Jokowi meninjau lokasi panen raya padi di Desa Lajer, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah.

Jokowi dan Prabowo terlihat memakai kemeja berwarna putih. Sedangkan, Ganjar memakai seragam dinas Gubernur berwarna cokelat.

Sesekali mereka terlihat berbicara serius. Kemudian, suasana menjadi cair penuh tawa saat berfoto dengan para petani di sawah.

Jokowi nampak memegang ponsel, kemudian bergantian dengan Ganjar. Raut wajah para petani pun senang berfoto bersama mereka.

 

Reporter: Alma Fikhasari

Sumber: Merdeka.com