Sukses

Kenang Sosok Koesni Harningsih Istri Moeldoko, Suharso: Sudah Dianggap Anak Sendiri oleh Ibu Saya

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Suharso Monoarfa ceritakan kenangan saat bersama dengan almarhumah. Suharso mengaku sudah sejak lama mengenal Koesni Harningsih.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka menyelimuti keluarga Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko. Istri Moeldoko, Koesni Harningsih meninggal dunia pada Minggu (12/3/2023). Sosok Koesni Harningsih kini tinggal kenangan.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Suharso Monoarfa ceritakan kenangan saat bersama dengan almarhumah. Suharso mengaku sudah sejak lama mengenal Koesni Harningsih.

Sewaktu mahasiswa, Suharso menyampaikan, almarhumah pernah kost di rumah orangtuanya. Bahkan, sudah dianggap sebagai anaknya sendiri oleh orangtuanya.

"Beliau mahasiswi di Malang lalu kos di rumah saya jadi oleh ibu saya sudah dianggap kayak anaknya karena semua Putri dan adik-adik saya semua perempuan," kata Suharso Monoarfa di rumah duka, Jakarta Pusat, Minggu (12/3/2023).

Suharso mengatakan, keluarga besarnya sangat dekat dengan almarhumah. "Adik saya masih menengok almarhumah di Singapura," ujar dia.

Suharso mengatakan tingkat kepedulian almarhumah sangat tinggi tanpa melihat status sosial. Begitulah Koesni Harningsih yang ia ketahui sejak dahulu.

"Orang yang sangat memperhatikan masyarakat pada umumnya. Emang sejak masih kuliah seperti itu. Komunikasinya baik sama siapapun tidak memilih-milih dan pergaulannya luas, pengetahuannya, punya visi bisnis yang baik," ujar Suharso.

Suharso mendoakan agar almarhum mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT.

"Sekali lagi saya duka yang amat dalam saya anggap seperti adik saya almarhumah (Istri Moeldoko) ini. Mudah-mudahan beliau sudah berjalan dengan baik," ujar dia.

2 dari 2 halaman

Kenangan Sandiaga Uno dan Airlangga

Selain Suhraso, Menteri Parekraf/Baparekraf Sandiaga Salahuddin Uno turut mengenal almarhumah sebagai sosok yang tabah.

"Saya mengenal tentunya melalui Pak Moeldoko, beliau orang yang tabah dan kuat, penyakit yang dideritanya sangat berat, bertahun-tahun mengatasinya," kata Sandiaga Uno di Rumah Duka, Minggu.

Sandiaga berharap semangat almarhum dalam menghadapi cobaan dapat menular kepada generasi muda.

"Mudah-mudahan untuk bisa memberi inspirasi kepada generasi muda dalam berjuang tentunya harus sekuat tenaga dan menyerahkan kepada yang Maha Kuasa," ujar Sandiaga.

Sementara, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, istri Moeldoko semasa hidup aktif dalam berbagai kegiatan sosial. Menurut dia, almarhumah merupakan sosok yang baik.

"Almarhumah orang baik dan tentu sangat aktif selama ini dalam berbagai kegiatan sosial," ujar Airlangga.