Sukses

5 Fakta Artis Senior dan Legendaris Nani Wijaya Meninggal Dunia, Punya Beberapa Riwayat Penyakit

Artis senior dan legendaris Nani Wijaya meninggal dunia pada hari ini, Kamis (16/3/2023) di Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Dunia hiburan tanah air kembali berduka, kali ini artis senior dan legendaris Nani Wijaya meninggal dunia. Kabar duka tersebut disampaikan putri Nani Wijaya, Cahya Kamila, melalui unggahan di akun Instagram terverifikasinya.

"INNALILLAHIWINAILAIHIROJIUN Telah bepulang ibunda kami tercinta dengan tenang Ibu Hj. Nani Widjaya," tulis Cahya Kamila seperti dilihat Liputan6.com, Kamis (16/3/2023).

Cahya menambahkan, sang ibunda Nani Wijaya meninggal dunia di Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan. Ia pun meminta maaf jika semasa hidup ibunda memiliki kesalahan.

"Di Rs Fatmawaty 16 Maret 2023 pd pukul 3.28. Mohon dimaafkan segala kesalahan yg disengaja maupun tidak disengaja," ucap Cahya.

Sekitar dua pekan sebelum Nani Wijaya meninggal dunia, kondisi kesehatannya memang sempat menurun bahkan harus dilarikan ke rumah sakit.

Nina Kartika, putri bintang sinetron Bajaj Bajuri ini, menjelaskan bahwa sang ibu sempat mengalami sesak nafas. Keluarga pun melarikannya ke Rumah Sakit Fatmawati.

Sempat diberitakan bahwa Nani sudah berada dalam kondisi kritis. Namun dari penuturan sang anak, Nani Wijaya masih dalam kondisi sadar, tapi mengigau.

"Masih sadar tapi kesulitan bernafas, agak sedikit seperti mengigau. Jadi kami bawa karena pertimbangannya sulit bernafas," ungkap Nina.

Sebelumnya, Nani Wijaya juga sempat mengidap stroke hingga aktivitasnya menjadi terbatas. Lantaran terlalu sering berbaring, Nani mengalami luka di bagian atas tulang ekor. Kondisi ini menjadi pemicu komplikasi.

Berikut sederet fakta terkait kabar duka artis senior dan legendaris Nani Wijaya meninggal dunia dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kabar Duka Disampaikan Sang Anak, Meninggal Dunia di RS

Kabar duka datang dari panggung seni peran Indonesia. Nani Wijaya, yang dikenal sebagai aktris senior dan legendaris Tanah Air meninggal dunia.

Kabar Nani Wijaya meninggal dunia disampaikan oleh putrinya, Cahya Kamila, melalui unggahan di akun Instagram terverifikasinya.

"INNALILLAHIWINAILAIHIROJIUN Telah bepulang ibunda kami tercinta dengan tenang Ibu Hj. Nani Widjaya," tulis Cahya Kamila seperti dilihat Liputan6.com, Kamis, 16 Maret 2023.

Cahya menambahkan, sang ibunda meninggal dunia di Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan.

"Di Rs Fatmawaty 16 Maret 2023 pd pukul 3.28. Mohon dimaafkan segala kesalahan yg disengaja maupun tidak disengaja," Cahya Kamila menambahkan.

Lebih lanjut, Cahya Kamila mengungkapkan almarhumah Nani Wijaya dibawa ke rumah duka yang ada di Sentul City, Bogor.

"Rumah duka di Jalan Besakih 15-17 Sentul City Selatan," tulis Cahya di Instagram stories.

 

3 dari 6 halaman

2. Dua Minggu Sebelum Meninggal Dunia, Nani Wijaya Sempat Dilarikan ke RS

Dua minggu sebelum meninggal dunia, Nani Wijaya dilarikan keluarga ke rumah sakit pada 1 Maret 2023. Aktris yang merupakan anggota Golden Girls bersama Ida Kusumah, Connie Sutedja dan Rina Hassim ini diketahui mengalami sesak nafas.

Keluarga memutuskan untuk segera membawa Nani Wijaya ke rumah sakit Fatmawati, Jakarta Selatan. Ia langsung menjalani perawatan di rumah sakit.

"Karena sulit bernapas, kami sepakat untuk membawa ibu kami," kata Nina Kartika, putri Nani Wijaya di rumah sakit Fatmawati, Jakarta Selatan, Rabu 1 Maret 2023.

Selain kesulitan bernafas, Nani Wijaya juga sedikit mengingau saat dilarikan ke rumah sakit. Meski begitu, kata Nina, ibunya masih dalam kondisi sadar.

 

4 dari 6 halaman

3. Nani Wijaya Punya Riwayat Stroke, Luka karena Terlalu Banyak Berbaring

Nina Kartika juga menjelaskan bahwa ibunya, Nani Wijaya memang memiliki riwayat penyakit yang tak bisa dianggap enteng.

Menurut dia, sang ibu, Nani Wijaya sempat terserang stroke yang menyebabkan bagian tubuhnya tidak dapat digerakkan.

"Lalu ada luka di belakang karena terlalu banyak berbaring, ada luka di atas tulang ekornya, sehingga menimbulkan infeksi yang jadi komplikasi ke ginjal dan leukositnya tinggi," jelas Nina.

Karena kondisi ini, Nani Wijaya sudah dua tahun belakangan setop syuting, dan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah.

 

5 dari 6 halaman

4. Nani Wijaya Juga Idap Demensia, Akan Dimakamkan Hari Ini Kamis 16 Maret 2023 Selepas Zuhur

Menurut Kartika, sang ibu Nani Wijaya juga mengalami penurunan daya ingat. Bintang serial Bajaj Bajuri ini mengidap demensia hingga tak bisa mengenali anak-anaknya.

"Iya sudah tidak bisa mengingat, kalau suara kayaknya ingat tapi kalau nama enggak ingat. Dia bisa bedain suara aja kalau saya yang masuk, ibu ada gerakan," tutup Nina dikutip dari YouTube SCTV.

Dari informasi yang dihimpun Liputan6.com, dikabarkan bahwa jenazah Nani Wijaya akan dimakamkan hari ini juga selepas salat zuhur. Jenazah akan dimakamkan di Pemakaman Umum Pesantren Al Ihya Batu Tapak, Ciomas, Bogor, Jawa Barat.

 

6 dari 6 halaman

5. Ucapan Dukacita Mendalam Mengalir Atas Meninggalnya Nani Wijaya

Kabar Nani Wijaya meninggal dunia menyebar luas di media sosial. Usai disampaikan keluarga, para selebriti langsung menyampaikan ucapan dukacita mengetahui Nani Wijaya meninggal dunia.

Ucapan dukacita untuk Nani Wijaya datang dari para artis, di antaranya Intan RJ dan Sarah Azhari yang menyampaikan ucapan tersebut melalui unggahan di kolom komentar Cahya Kamila, putri Nani Wijaya.

"Innalilahiwainnalilai rojiun turut berduka dan berempati sedalam dalamnya atas kepergian bunda tercinta,, semoga beliau husnul khotimah dan kel yang ditinggalkan diberikan kesabaran jg ketabahan hati.. Amiinn yarabbball alamiinnn..," tulis Intan RJ, Kamis, 16 Maret 2023.

"Inna lillahi wa inna ilayhi raji'un, turun berduka cita yang mendalam @cahyakamila88, semoga Almarhumah Ibu Hj. Nani Widjaya di tempatkan di tempat terbaik di sisi NYA, Al Fatihah 🤲🏼🙏🏽," sambung Sarah Azhari.

Kepergian Nani Wijaya tentu meninggalkan duka mendalam bagi orang-orang terdekat, tak terkecuali lawan mainnya dalam Sitkom Bajaj Bajuri, Rieke Diah Pitaloka. Dalam sitkom ini mereka berperan sebagai ibu dan anak. Peran Oneng dan Emak sangatlah ikonis.

Melalui akun Instagramnya, anggota DPR RI tersebut mengucapkan selamat jalan kepada Nani Wijaya, senior yang sangat dia hormati di dunia seni peran. Rieke Diah Pitaloka berharap amal ibadah almarhumah diterima oleh Tuhan.

"Mohon dimaafkan segala kesalahan almarhumah emak semasa hidupnya. Dilapangkan dan diterangkan kuburnya," ujar Rieke Diah Pitaloka pada Kamis pagi (16/3/2023).

Rieke Diah Pitaloka memanggil Nani Wijaya dengan sapaan kata emak. Seperti diketahui, itu merupakan sapaannya dalam sitkom yang pernah mereka bintang lebih dari satu dekade yang lalu tersebut.

"Dan untuk keluarga yang ditinggalkan, agar diberi kekuatan dan kesabaran. Aamiin yaa rabbal ’aalamiin," Rieke Diah Pitaloka mengakhiri pernyataannya.

Bersama keterangan itu, wanita berusia 47 tahun ini menyertakan foto kebersamaannya dengan almarhumah semasa hidup. Rieke tampak mencium pipi emaknya dengan hangat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.