Sukses

Renovasi Rumah Dinas Gubernur DKI Telan APBD Rp2,9 Miliar, Heru Budi: Perawatan Biasa

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono buka suara soal rencana rehabilitasi rumah dinas gubernur yang terletak di Jalan Taman Suropati Nomor 7, Menteng, Jakarta Pusat. Menurut Heru, rehabilitasi itu sama halnya dengan perawatan biasa.

Liputan6.com, Jakarta - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono buka suara soal rencana rehabilitasi rumah dinas gubernur yang terletak di Jalan Taman Suropati Nomor 7, Menteng, Jakarta Pusat. Menurut Heru, rehabilitasi itu sama halnya dengan perawatan biasa.

"Itukan perawatan biasa, tanya sama biro umum," kata Heru Budi di Taman Cempaka, Cipayung, Jakarta Timur, Selasa (21/3/2023).

Diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelontor Rp 2,9 miliar Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DKI 2023. Heru menjelaskan rehabilitasi rumah dinas gubernur memang rutin dianggarkan di setiap kepemimpinan gubernur yang menjabat.

"Ya tanya saja, kan perawatan biasa, tahun-tahun lalu juga ada, enggak boleh," kata Heru.

Heru menerangkan bahwa sesuai nama dan peruntukannya, dia bakal ke rumah dinas itu untuk bertugas semisal mengelar rapat dengan jajaran dinas-dinas hingga sekedar menyapa warga Ibu Kota. Oleh sebab itu, kata dia rumah dinas yang ada memerlukan perawatan.

"Rumah dinas itu tetap menjadi rumah dinas, kadang-kadang saya rapat di sana, kadang-kadang ketemu warga, kadang-kadang ketemu kepala dinas, ya ngobrol di sana, tetap dipake masa enggak dirawat," jelas Heru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Renovasi

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana melakukan renovasi rumah dinas Gubernur yang terletak di Jalan Taman Suropati Nomor 7, Menteng, Jakarta Pusat. Renovasi bakal menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DKI 2022.

Rencana rehabilitasi rumah dinas untuk Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono ini ditemui pada laman Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa (Sirup LKPP). Total pagu anggarannya mencapai Rp 2.901.369.116 miliar.

Proyek perbaikan hunian yang tergolong sebagai cagar budaya ini diberi nama paket pekerjaan rehabilitasi rumah dinas Gubernur DKI Jakarta. Kode RUP 40228182 dengan Nama KLPD Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta.

"Nama KLPD Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta. Satuan kerja Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan. Detail lokasi Jalan Taman Suropati Nomor 7, Menteng, Kota Jakarta Pusat," demikian bunyi laporan itu, dikutip Sabtu 18 Maret 2023.

Adapun dana tersebut teralokasi dalam anggaran Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan. Pada laman tersebut juga diuraikan renovasi pekerjaan yakni rehabilitasi arsitektur bangunan rumah dinas dengan spesifikasi perkerjaan antara lain perbaikan atap, dinding, plafon, lantai, dan lainnya.

3 dari 3 halaman

Tender

Penggarap proyek ini nantinya ditentukan lewat mekanisme tender terbuka menggunakan jenis pengadaan konstruksi.

Sementara itu, jadwal pemilihan penyedia konstruksi rehabilitasi rumah dinas Heru Budi ini dijadwalkan mulai Juli hingga Agustus 2023.

Selanjutnya, pelaksanaan kontrak pengerjaan rehabilitasi akan dimulai pada September hingga Desember 2023 mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.