Sukses

Gelar Acara Dihadiri Jokowi dan Ketum Parpol, PAN: Bukan Bukber Tapi Silaturahmi

Presiden Jokowi rencananya akan hadir di Kantor DPP PAN sekitar pukul 12.00 WIB siang ini.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Amanat Nasional (PAN) menyelenggarakan acara yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah Ketua Umum Partai Politik (Ketum Parpol) di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Minggu (2/4/2023).

Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto menegaskan bahwa kegiatan yang dihadiri Presiden Jokowi tersebut bukanlah acara buka puasa bersama atau Bukber, melainkan momen silaturahmi Ramadan.

“Yang pasti acara bukan bukber bersama, acaranya silaturahmi bersama Pak Presiden (Jokowi) dengan ketum parpol dan keluarga besar PAN,” tutur Yandri di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Minggu.

Adapun para elite parpol yang diundang untuk hadir antara lain, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum Gerindra Prabowo Subianto, Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Ketum PPP Muhammad Mardiono, dan Ketum PAN Zulkifli Hasan selaku tuan rumah.

Presiden Jokowi rencananya akan hadir di Kantor DPP PAN sekitar pukul 12.00 WIB siang ini. “Nanti acara akan diawali dengan salat Dzuhur berjamaah, kemudian akan ada kata pengantar dari Bang Zul sebagai tuan rumah, setelah itu ada dari Gus Miftah dan ada sambutan Pak Presiden”.

“Setelah itu nanti Pak Presiden sama para Ketum Parpol akan pindah ruangan di atas, di lantai 3 akan ada pembicaraan di situ yang akan diikuti Pak Presiden dengan para Ketum Parpol, yang lain enggak ikut,” ucap Yandri.

Dia menyebut bahwa Ketum Partai Nasdem Surya Paloh tidak diundang, begitu juga PKS dan Demokrat. Yandri menegaskan bahwa rangkaian acara ini tidak akan ditutup dengan kegiatan bukber.

“Bubar, tidak ada bukber,” Yandri menandaskan.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com di lokasi, saat ini acara telah dimulai dengan ceramah dari Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alasan Ketum NasDem Tak Diundang

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan para ketua umum (Ketum) partai politik (Parpol) koalisi pemerintah akan berkumpul di Kantor DPP Partai Amanat Nasional (PAN), hari ini, Minggu (2/4/2023). Namun Ketum NasDem Surya Paloh tidak diundang dalam pertemuan ini.

Adapun para ketum parpol yang akan hadir antara lain, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum Gerindra Prabowo Subianto, Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Ketum PPP Muhammad Mardiono, dan Ketum PAN Zulkifli Hasan selaku tuan rumah.

Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto menjelaskan alasan NasDem tidak diundang dalam pertemuan ini. Kata dia, pertemuan hari ini dirancang oleh para ketum partai pengusung pemerintah dan sudah atas restu Presiden Jokowi.

"Pertimbangannya itu kan ini pertemuan yang dirancang oleh beberapa ketum parpol, tentu atas restu pak presiden kan, itu yang diundang," ujar Yandri di Kantor DPP PAN, Jakarta, Minggu (2/3/2023).

Tetapi Yandri tidak mau mengungkap dengan terang apa yang menjadi alasan Ketum NasDem tidak diundang dalam acara silaturahmi Ramadan ini.

"Alasannya, alasannya mungkin teman-teman sudah tahu kali ya," katanya.

Yandri memastikan, mayoritas ketum partai pengusung pemerintah akan hadir dalam acara tersebut. Namun Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri belum bisa dipastikan hadir lantaran dikabarkan tengah berada di luar negeri.

"InsyaAllah akan dihadiri Pak Jokowi, tentu Ketum PAN Bang Zul, Ketum Gerindra, Ketum PKB, Ketum Golkar, Ketum PPP," kata Yandri.

"Karena Bu Mega ada di Jepang atau lagi di luar negeri, enggak tahu," imbuhnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.