Sukses

PKS Usulkan JIS Dipakai Sholat Ied Pemprov DKI Jakarta, Pj Gubernur DKI Jakarta: Enggak

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengungkapkan, pihaknya tak akan menggelar sholat Idul Fitri 1444 H atau 2023 di Jakarta International Stadium (JIS).

Liputan6.com, Jakarta Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengungkapkan, pihaknya tak akan menggelar sholat Idul Fitri 1444 H atau 2023 di Jakarta International Stadium (JIS).

"Enggak," kata Heru singkat saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (5/4/2023).

Namun, Heru tak membeberkan alasan salat Id itu tak dilakukan di JIS. Ia justru berujar salat akan di Balai Kota.

"Enggak apa-apa, enggak apa-apa (tidak sholat Ied di JIS). Sholatnya di sini," ujar Heru.

Sebelumnya, Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Achmad Yani berharap sholat Ied Idul Fitri 2023 digelar di JIS, seperti tahun lalu. Hal tersebut disampaikan saat rapat pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) oleh BUMD.

"Idul Fitri di JIS tahun lalu cukup semarak ya. Tahun ini dilaksanakan tidak? Bagusnya hal-hal yang positif itu dipertahankan," kata Yani saat rapat, Selasa (4/4/2023).

Terkait hal itu, Direktur Utama (Dirut) PT Jakarta Propertindo (Jakpro) sebagai pengelola JIS memberikan komentar.

Iwan mengatakan, penentuan lokasi sholat Idul Fitri merupakan keputusan Pemprov DKI sehingga pihaknya akan berkoordinasi lebih lanjut agar usulan tersebut bisa terealisasi.

"Untuk kegiatan-kegiatan kemasyarakatan itu, itu akan kami koordinasikan dengan Pemprov," kata Iwan menanggapi.

"Karena tahun lalu pun yang mengadakan itu bukan Jakpro tetapi dalam hal ini Pemprov berkolaborasi dengan Jakpro. Kita tidak sendiri gitu. Jadi akan kami kolaborasikan dengan Pemprov karena ini melibatkan publik banyak gitu," tambah Iwan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anies Baswedan Sempat Sholat Ied di JIS

Diketahui, Gubernur DKI Jakarta 2017-2022 Anies Baswedan melaksanakan sholat Idul Fitri 2022 bersama warga di kawasan Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara.

Menurut dia, hal tersebut merupakan momentum bersejarah karena untuk pertama kalinya penyelenggaraan salat Idul Fitri di JIS.

"Alhamdulillah Allah telah mengizinkan kita ini melaksanakan sholat Idul Fitri di tempat dan momen yang bersejarah ini. Ini adalah untuk pertama kalinya JIS digunakan untuk salat Idul Fitri dan kita menjadi pribadi-pribadi pertama yang menggunakan tempat ini untuk bersujud di hadapan Allah," kata Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga menyatakan ucapan terima kasihnya kepada semua pihak yang telah berkerja keras untuk membangun JIS dan menyiapkan penyelengaraan Salat Idul Fitri 1443 Hijiriah.

Selain itu, dengan adanya salat Idul Fitri yang dilakukan bersama masyarakat, jelas sebagai pertanda bahwa semua pihak telah berjuang untuk mengendalikan pandemi Covid-19.

"Ini adalah kemengan setelah dua Idul Fitri tanpa kebersamaan tanpa perayaan besar karena perjuangan kita mengendalikan pandemi dan juga ini adalah kemenangan setelah 13 tahun menanti akhirnya Jakarta memiliki stadionnya sendiri, yakni JIS," ucapnya.

 

Reporter: Lydia Fransisca/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.