Sukses

Persiapan Angkutan Lebaran, Pemeriksaan Bus AKAP di Terminal Poris Tangerang Diperketat

Hingga mendekati lebaran, ramp check ini akan dilakukan setiap hari secara berkala terhadap bus-bus yang ada di Terminal Poris Plawad, bersama dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek atau BPTJ.

Liputan6.com, Jakarta- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang, melakukan ramp check atau uji kelayakan sejumlah armada bus di Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang.

"Dalam hal ini, ada tiga hal terkait administrasi atau dokumen angkutan, hal teknis (kondisi angkutan), serta hal-hal penunjang lainnya," ungkap Kepala Dishub Kota Tangerang Achmad Suhaely, Rabu (5/4/2023).

Ramp check ini dilakukan sebagai upaya inspeksi keselamatan dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pemudik. Khususnya yang akan mengawali pemberangkatan dari Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang.

"Kita perhatikan semua kesiapan yang nantinya akan membawa para pemudik,” ujarnya.

Lalu, hingga mendekati lebaran, ramp check ini akan dilakukan setiap hari secara berkala terhadap bus-bus yang ada di Terminal Poris Plawad, bersama dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek atau BPTJ. 

Hingga hari ini, sudah sebanyak 109 angkutan yang sudah diperiksa. Sampai saat ini belum ditemukan bus yang kondisinya tidak layak jalan.

"Armada yang diperiksa akan terus bertambah. Ramp check menunjukkan hasil yang sangat positif, hanya temuan-temuan kecil yang bisa diperbaiki dan dilengkapi secara langsung,” jelas Suhaely.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diberikan Tanda Khusus

Nantinya, pemudik dapat mengidentifikasi secara mandiri terkait angkutan-angkutan yang telah melalui ramp check ini. Nantinya, angkutan yang tervalidasi layak telah dibekali tanda khusus, berupa stiker khusus di jendela depan tiap angkutan.

Setelah ramp check ini berjalan tuntas, arus mudik diharapkan bisa berjalan lancar tanpa hambatan, serta pelayanan terbaik dapat dirasakan para pemudik.

"Kita mengimbau kepada seluruh calon pemudik untuk menggunakan angkutan yang sudah lulus uji. Hal ini diperlukan sebagai langkah mengedepankan keamanan dan keselamatan selama mudik lebaran nanti,” pungkasnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.