Sukses

HUT ke-77 TNI AU, Panglima TNI Minta Prajuritnya Terus Bersikap Profesional

Dalam rangka memperingati HUT ke-77 TNI Angkatan Udara, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono berpesan kepada para prajuritnya agar terus melakukan pembangunan menjadi prajurit TNI AU yang modern.

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka memperingati HUT ke-77 TNI Angkatan Udara, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono berpesan kepada para prajuritnya agar terus melakukan pembangunan menjadi prajurit TNI AU yang modern.

Diketahui, merayakan HUT ke-77 TNI AU, digelar upacara perayaan di pangkalan udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur. Yudo ditunjuk sebagai inspektur upacara.

"Selama 77 tahun TNI AU selalu hadir baik operasi perang maupun non perang, mempertahanan kan keutuhan NKRI dan tumpah darah NKRI. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih atas dedikkasi, profesionalitas TNI AU," kata Laksmana Yudo, Minggu (9/4/2023).

Dia pun sempat membahas soal pandemi Covid-19 hingga perang dunia antara Rusia dan Ukraina. Laksamana Yudo mengatakan, sebagai garda terdepan yang melindungi tanah air agar pihak TNI AU selalu siap untuk mengahadapi berbagai krisis yang mengancam bangsa.

"Komitmen TNI AU menghadapi ancaman yang semakin kompleks, terus bersikap profesional karena ancaman terus ada, terus berlatih," tegas dia.

Laksamana Yudo berharap, HUT ke-77 yang mengusung tema profesional, modern dan tangguh, benar-benar membuat prajurit TNI AU yang bisa melanjutkan pembangunan yang ada.

"Secara bertahap melanjutkan pembangunan agar menjadi TNI AU yang modern yang siap," jelas dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengampaikan ucapan selamat pada HUT ke-77 TNI AU.

“Atas nama pemerintah, bangsa dan negara saya mengucapkan selamat hari tni angkatan udara yang ke77 kepada seluruh prajurit TNI Angkatan Udara di mana pun bertugas di seluruh penjuru tanah air,” kata Jokowi dikutip dari video Sekretariat Presiden, Minggu (9/4/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

TNI AU Jadi Angkatan yang Tangguh dan Disegani Negara Lain

Jokowi berharap, TNI AU mampu menjadi angkatan yang tangguh dan menjaga kekuatan nasional dan disegani negara lain.

“Di usia ke-77 ini tni angkatan udara harus menjadi angkatan udara yang modern dan tangguh, mampu menjaga ruang udara Indonesia serta bertransformasi sebagai kekuatan nasional negara yang disegani dan dihormati di dunia,” kata Jokowi.

“Dirgahayu TNI Angkatan Udara Swa Bhuwana Paksa,” pungkasnya.

Sebelumnya, Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin berpesan kepada para prajurit TNI AU untuk selalu berpegang teguh pada prinsip dan jati diri TNI sebagai garda terdepan mengawal kedaulatan bangsa.

"Kepada seluruh prajurit TNI AU, teruslah memegang teguh jati diri TNI, sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional, dan tentara profesional," ujar Ma'ruf dalam keterangannya, Minggu (9/4/2023).  

Ma'ruf menyebutkan peran besar dan strategis TNI AU menjadi harapan masyarakat, khususnya dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Pemerintah, masyarakat, bangsa, dan negara menaruh harapan besar kepada TNI AU untuk tidak lelah menjaga keutuhan, kedaulatan dan keselamatan NKRI," ungkapnya.

 

Reporter: Rahmat Baihaqi/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.