Sukses

Atraksi Jet Tempur Bentuk Formasi 77 Peringati HUT ke-77 TNI AU

Sejumlah pesawat jet tempur melintas di udara membentuk formasi angka 77, sebagai tanda untuk memperingati HUT ke-77 TNI AU.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pesawat jet tempur melintas di udara membentuk formasi angka 77, sebagai tanda untuk memperingati HUT ke-77 TNI AU. Peringatan HUT TNI AU digelar di Landasan Udara TNI Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (9/4/2023).

Dari pantauan merdeka.com, pihak TNI AU melakukan berbagai macam atraksi untuk memeriahkan hari jadinya yang ke 77 tahun. Berbagai demonstrasi diperagakan mulai dari terjun payung, atraksi kendaraan tempur udara, dan simulasi perang.

Atraksi dimulai dari prajurit TNI AU yang melakukan terjun payung. Beberapa di antaranya ada yang terjun sambil mengibarkan bendera TNI, TNI AU, bendera Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) dan bendera Merah Putih.

Setelahnya, atraksi dilanjutkan dengan aksi pesawat tempur udara yang melintas di udara Halim sambil membentuk formasi angka 77.

Sontak warga yang melihat aksi tersebut sorak sorai gembira sambil bertepuk tangan. Beberapa di antaranya mencoba untuk merekam aksi itu melalui telepon genggamnya.

Sebagai informasi, dalam kegiatan perayaan HUT TNI AU ini, demonstrasi udara turut dilakukan dengan beberapa alutsista yang dimiliki oleh TNI AU, seperti Pesawat Sukhoi 27/30, F-16 Fighting Falcon, T-50 i Golden Eagle, EMB 314- Super Tucano, EC-725 Caracal.

Selain itu, turut dikerahkan juga pesawat NAS 332 Super puma, EC-120 B Colibri, KT-1B Wongbee, C-130 HERCULES, CN 235 DAN 295, BOEING 737, Falcon 7x dan 8x, C-212 CASSA, dan CESSNA 172.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

HUT ke-77 TNI AU, Panglima TNI Minta Prajuritnya Terus Bersikap Profesional

Dalam rangka memperingati HUT ke-77 TNI Angkatan Udara, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono berpesan kepada para prajuritnya agar terus melakukan pembangunan menjadi prajurit TNI AU yang modern.

Perayaan HUT ke-77 TNI AU, digelar di Landasan Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur. Yudo ditunjuk sebagai inspektur upacara.

"Selama 77 tahun TNI AU selalu hadir baik operasi perang maupun non perang, mempertahanan kan keutuhan NKRI dan tumpah darah NKRI. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih atas dedikasi, profesionalitas TNI AU," kata Laksmana Yudo, Minggu (9/4/2023).

Dia pun sempat membahas soal pandemi Covid-19 hingga perang dunia antara Rusia dan Ukraina. Laksamana Yudo mengatakan, sebagai garda terdepan yang melindungi tanah air agar pihak TNI AU selalu siap untuk mengahadapi berbagai krisis yang mengancam bangsa.

"Komitmen TNI AU menghadapi ancaman yang semakin kompleks, terus bersikap profesional karena ancaman terus ada, terus berlatih," tegas dia.

Laksamana Yudo berharap, HUT ke-77 yang mengusung tema profesional, modern dan tangguh, benar-benar membuat prajurit TNI AU yang bisa melanjutkan pembangunan yang ada.

"Secara bertahap melanjutkan pembangunan agar menjadi TNI AU yang modern yang siap," jelas dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengampaikan ucapan selamat pada HUT ke-77 TNI AU.

"Atas nama pemerintah, bangsa dan negara saya mengucapkan selamat hari tni angkatan udara yang ke77 kepada seluruh prajurit TNI Angkatan Udara di mana pun bertugas di seluruh penjuru tanah air," kata Jokowi dikutip dari video Sekretariat Presiden, Minggu (9/4/2023)

 

 

 

 

Reporter: Rahmat Baihaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.