Sukses

Infografis Muncul Wacana Pasangkan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno di Pilpres 2024

PKS memunculkan wacana duet Anies Baswedan dan Sandiaga Uno sebagai kandidat capres-cawapres di Pilpres 2024. Bagaimana ragam tanggapan wacana duet Anies-Sandi tersebut? Simak di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Kedatangan Sandiaga Salahuddin Uno di sebuah yayasan kawasan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, disambut nyanyian lagu Partai Keadilan Sejahtera atau PKS. Lagu yang mirip dengan mars Anies Baswedan-Sandiaga Uno ketika masa kampanye Pilkada DKI Jakarta 2017.

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga Uno yang merupakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menparekraf itu disambut langsung oleh Presiden PKS Ahmad Syaikhu. Tak tertinggal Pejabat Bupati Bekasi, Dani Ramdani.

Suasana pun kian ramai ketika Sandiaga Uno atau Sandi dikalungkan syal batik berwarna oranye yang merupakan warga khas PKS. Puluhan kader PKS berteriak menyebut hidup Sandi, Sandi Wakil Presiden, hingga Anies-Sandi.

"Saya menangkap aspirasi dan di bulan suci Ramadhan ini kita menampung juga saran-saran dari para ulama, kiai dan Pak Presiden (PKS Ahmad Syaikhu) telah menyampaikan harapan-harapannya," ujar Sandiaga Uno, Sabtu 8 April 2023.

"Saya meyakini pimpinan partai politik seperti ustaz Syaikhu akan mengusulkan yang terbaik untuk NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) dan saya percaya proses ini masih berjalan selama enam bulan ke depan," Sandi menambahkan.

Sebenarnya, wacana duet Anies Baswedan-Sandiaga Uno dalam Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 telah muncul dua bulan lalu. Wacana itu dikemukakan juru bicara atau jubir PKS Muhammad Iqbal.

"Saat ini, PKS belum menentukan cawapres (calon wakil presiden), artinya Sandi (Sandiaga Salahuddin Uno) masih berpeluang untuk bisa diusung PKS. Siapa saja berpeluang, termasuk Sandi, apalagi punya survei yang tinggi dan pernah menang bersama Anies (Anies Baswedan)," ucap jubir PKS tersebut di Jakarta, Rabu 22 Februari 2023.

Pernyataan Iqbal itu menanggapi hasil survei Voxpol Center Research and Consulting yang dirilis pada 21 Februari 2023. Intinya, duet Anies-Sandi berpotensi maju ke Pilpres 2024.

Apa saja pernyataan PKS mengenai Sandiaga Uno? Bagaimana pula ragam tanggapan wacana duet Anies-Sandi di Pilpres 2024? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Infografis Muncul Wacana Pasangkan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno di Pilpres 2024

3 dari 4 halaman

Infografis PKS Lontarkan Wacana Duet Anies-Sandi di Pilpres 2024

4 dari 4 halaman

Infografis Ragam Tanggapan Wacana Duet Anies-Sandi di Pilpres 2024

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.