Sukses

Heru Budi: Jelang Arus Mudik Lebaran 2023, Tak Ada Cuti Bagi Satpol PP hingga Dishub DKI

Heru juga mendorong Satpol PP agar berkoordinasi dengan Wali Kota/Bupati dan pemangku kepentingan lainnya untuk melakukan patroli dan pemantauan di kawasan pemukiman penduduk yang ditinggalkan saat mudik.

Liputan6.com, Jakarta Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengimbau Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) seperti Satpol PP, Dinas Perhubungan (Dishub), hingga Gulkarmat DKI Jakarta tak ambil cuti jelang arus mudik lebaran 2023.

Hal ini disampaikan Heru dalam Apel Kesiapsiagaan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah di Monumen Nasional (Monas), Selasa 11 April 2023 sore.

"Menjelang nanti arus mudik, jajaran yang bertugas tidak ada yang cuti. Saya ucapkan terima kasih untuk itu," kata Heru.

Selain itu, dia juga meminta seluruh jajaran terkait untuk berkoordinasi lintas sektoral dengan TNI/Polri, tokoh masyarakat, hingga penyedia jasa transportasi dalam menghadapi potensi kerawanan selama periode mudik lebaran 2023.

"Dinas Perhubungan bersama Satpol PP bersama TNI/Polri tetap bersinergi menjaga Jakarta," ucapnya.

Tak hanya itu, Heru juga mendorong Satpol PP agar berkoordinasi dengan Wali Kota/Bupati dan pemangku kepentingan lainnya untuk melakukan patroli dan pemantauan di kawasan pemukiman penduduk yang ditinggalkan saat mudik.

"Satpol PP saya sarankan (yang bertugas) sekitar dua sampai tiga orang dalam satu titik, tidak sendirian. Dan dalam menjalankan tugas jangan lupa tetap menjaga kesehatan," ucap Heru.

Sementara Dinas Perhubungan, diinstruksikan bekerja sama dengan penyedia jasa transportasi terkait kesiapan armada angkutan mudik Lebaran.

Selanjutnya, perihal pemasangan rambu-rambu lalu lintas, Dishub juga diharuskan berkolaborasi dengan Ditlantas Polda Metro Jaya. Dia ingin adanya petugas yang ditempatkan di setiap tikungan jalur utama mudik, untuk mengurangi potensi kemacetan, dan kecelakaan lalu lintas yang dapat terjadi selama periode mudik.

 

2 dari 2 halaman

Rumah Aman Ditinggal Mudik

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) ini juga mengimbau Dinas Gulkarmat diimbau untuk menyosialisasikan bahaya kebakaran dan tindakan yang perlu dilakukan agar rumah dan toko yang ditinggal mudik tetap aman, terutama di wilayah rawan seperti permukiman padat, tempat ibadah, pasar, dan tempat wisata.

"Apabila terjadi hal yang tidak diinginkan, itu tentunya kita harus siap siaga. Mudah-mudahan tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan. Walaupun Jakarta agak lengang, tetap waspadai masyarakat di tempat keramaian wisata, mall, supaya masyarakat tetap nyaman dalam libur panjang," jelas Heru.

Video Terkini