Sukses

Titip Kendaraan di Kantor Polisi Selama Musim Mudik Lebaran Yuk, Gratis

Kapolda Metro Jaya, Irjen Karyoto izinkan pemudik menitipkan kendaraan di Polsek dan Polres selama musim mudik Lebaran 2023. Titip motor di kantor polisi ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Liputan6.com, Jakarta Kapolda Metro Jaya, Irjen Karyoto izinkan pemudik menitipkan kendaraan di Polsek dan Polres selama musim mudik Lebaran 2023. Titip kendaraan di kantor polisi ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Instruksi Kapolda Metro Jaya diteruskan kepada Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko. Dia mengatakan, masyarakat yang hendak mudik diperbolehkan menitipkan ke polsek dan polres setempat.

"Kapolda Metro Jaya memiliki program silakan titipkan ke polsek setempat sesuai dengan akomodasi kapasitas yang sesuai dan kemudian akan dilakukan pengamanan secara gratis," kata Trunoyudo di Polda Metro Jaya dikutip, Rabu (12/4/2023).

Trunoyudo mengatakan, pihaknya akan memaksimalkan peran polisi RW guna menciptakan situasi aman dan kondusif khususnya dia DKI Jakarta maupun di wilayah aglomerasi selama masa mudik Lebaran 2023.

"Tentu ada beberapa RW yang warganya mudik itu akan dilakukan kolaboratif dengan lingkungan masyarakat setempat. Mengalokasikan dengan tempat lain seperti lingkungan yang lebih aman dengan maksimalkan tadi polisi RW," ujar dia.

2 dari 2 halaman

Pemerintah Imbau Tak Mudik Pakai Sepeda Motor

Menteri Perhubungan atau Menhub Budi Karya Sumadi menyatakan, pemudik pengguna sepeda motor adalah penyumbang angka kecelakaan tertinggi. Menhub Budi mengimbau agar pemudik tidak menggunakan sepeda motor pada momen Lebaran 2023.

"Kami mengimbau dengan segala kerendahan hati supaya seyogyanya tidak mengendarai motor," kata Budi Karya di Mabes Polri Jakarta, seperti dikutip Jumat (7/4/2023).

"Potensi kecelakaan tinggi seperti data dari Polri," imbuh Budi.

Menurut dia, pemerintah mencoba memberi solusi agar pemudik yang tidak menggunakan mobil atau transportasi publik bisa mendaftarkan diri dalam program program mudik gratis dijalankan oleh sejumlah kementerian dan lembaga, serta stakeholder swasta lain yang menyediakan.

"Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan, semua Kementerian dan juga Polri menyedikan bus mudik gratis, ada juga di kapal dan ketera api," jelas Budi.

Secara terpisah, Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A. Purwantono menyebut, angka kecelakaan lalu lintas saat ini masih didominasi oleh kendaraan roda dua atau sebesar 77,4%.

Menurut prediksi, pada momen Idul Fitri nanti, akan ada 123 juta orang yang akan pergi mudik Lebaran 2023.

Bila dibagi, sebanyak 22 persen warga akan mudik dengan mobil pribadi dan 20 persen menggunakan sepeda motor, sedangkan sisanya dengan transportasi umum seperti kereta, bus dan kapal.

Diketahui, Pemerintah melalui Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, akan menambah sekaligus memajukan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah. Rencananya cuti bersama Lebaran 2023 akan dimulai pada 19 hingga 25 April 2023.

Video Terkini