Sukses

Polisi Periksa Kesehatan Ratusan Sopir Taksi di Pangkalan Bandara Soekarno Hatta

Upayakan pelayanan prima untuk angkutan lebaran 2023, ratusan sopir taksi dan angkutan umum di Bandara Soekarno-Hatta menjalani pemeriksaan kesehatan di Tempat Pengendapan Taksi Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Rabu (19/4/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Upayakan pelayanan prima untuk angkutan lebaran 2023, ratusan sopir taksi dan angkutan umum di Bandara Soekarno-Hatta menjalani pemeriksaan kesehatan di Tempat Pengendapan Taksi Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Rabu (19/4/2023). 

Pemeriksaan kesehatan secara gratis ini terlaksana atas kerja sama Polresta Bandara Soetta, PT Angkasa Pura II dan PT Jasa Raharja.

Kapolresta Bandara Soetta, Kombes Pol Roberto GM Pasaribu menuturkan, pemeriksaan kesehatan gratis tersebut ditujukan kepada para sopir taksi yang khusus beroperasi dan terdaftar di Bandara Soetta. 

"Dalam menghadapi kenaikan angka penumpang atau pengguna jasa Bandara Soekarno-Hatta selama arus mudik Lebaran 2023 ini, kami membuka layanan pemeriksaan kesehatan gratis bagi sopir taksi agar masyarakat dapat merasa aman dan nyaman, terutama dalam penggunaan transportasi dengan sarana umum," ujar Kombes Roberto.

Setiap harinya, pelayanan kesehatan di posko tersebut akan melayani 100 otang sopir taksi dan angkutan umum lainnya. Pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis itu akan dibuka hingga tiga hari setelah Lebaran 2023 atau hingga Selasa (25/4/2033) mendatang.

Selain pemeriksaan kesehatan, posko layanan itu juga menyiapkan obat-obatan hingga vitamin tertentu yang dibutuhkan para sopir. Hal ini tersebut dilakukan guna memastikan kesiapan sopir dalam memberikan pelayanan prima selama angkutan lebaran 2023.

"Di sini kita tidak melakukan uji klinis terhadap penyakit yang lebih mendalam, tetapi ini adalah langkah yang dilakukan untuk mengecek kesehatan awal dari para pengemudi," katanya.

Lalu, apabila terdapat tanda-tanda gejala kondisi tubuh para sopir yang mengalami kelelahan, maka akan disiapkan vitamin yang juga diberikan secara gratis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penumpang Bandara Soetta

Puncak arus mudik Lebaran Idul Fitri 2023, mulai terlihat di Bandara Internasional Soekarno Hatta, pada Rabu (19/4/2023) pagi. Kepadatan penumpang sudah terlihat di Terminal 3 dan 1 di Bandara Soekarno Hatta.

Sejak pukul 06.00 WIB, tumpukan penumpang mulai terlihat di area keberangkatan domestik Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. 

Berdasarkan data yang dihimpun PT Angkasa Pura II, pada puncak arus mudik hari ini, diprediksi akan ada 146 ribu penumpang yang melintas di Bandara Soekarno-Hatta. 

"Sementara untuk hari ini akan masuk ke puncak arus mudik, angka pesawat tembus 1.100 pergerakan untuk take-off dan landing. Kemudian untuk di (bandara) Soekarno-Hatta terhitung ada 146 ribu penumpang," jelas Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (19/4/2023). 

Sebenarnya, lanjut Awaluddin, lonjakan jumlah penumpang di Bandara Soekarno-Hatta sudah terjadi duluan pada tanggal 15 April 2022. Dimana tercatat ada 1.002 pergerakan pesawat terbang dan sekira 130 ribu pergerakan penumpang. 

"Tapi pada tanggal 18 April 2023 terjadi spike kedua, dimana tadi malam jam 24.00 WIB tercatat ada 1.037 take-off landing pesawat. Untuk jumlah penumpang masih diperkirakan sekitar 133 ribu sampai 135 ribu," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini