Sukses

Polda Metro Imbau Warga DKI Tak Lakukan Takbir Keliling Jelang Lebaran Idul Fitri

Polda Metro Jaya mengimbau masyarakat yang berada di DKI Jakarta dan sekitarnya tak melakukan takbir keliling di malam perayaan Lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1444 H.

Liputan6.com, Jakarta - Polda Metro Jaya mengimbau masyarakat yang berada di DKI Jakarta dan sekitarnya tak melakukan takbir keliling di malam perayaan Lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1444 H.

"Kemudian terkait dengan tradisi adanya masyarakat untuk melakukan takbir keliling. Tentu kami mengimbau untuk tidak dilakukan," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko dalam keterangannya, Kamis (20/4/2023).

Trunoyudo meminta warga tak lakukan takbir keliling dengan tetap menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Menurut Trunoyudo, gema takbir bisa dilakukan dari masjid atau pun mushola terdekat.

"Langkah-langkah ini tentunya kembali dalam rangka memelihara kamtibmas. Polda Metro mengimbau banyak langkah-langkah yang bisa dilakukan secara baik dalam tradisi-tradisi seperti di tempat-tempat ibadah melakukan takbir. Itu kan sudah menjadi suatu hal tradisi baik," kata dia.

Trunoyudo menyebut pelarangan takbir keliling ini demi menghindari hal-hal yang tak diinginkan terjadi.

"Terkait dengan arak-arakan, konvoi, ada beberapa catatan evaluasi ketertiban mau pun bahkan menjadi gangguan keselamatan yang ini bisa membahayakan bagi dirinya maupun bagi orang lain," kata dia.

2 dari 2 halaman

Siapkan Pengamanan

Meski demikian, Trunoyudo mengatakan apabila masyarakat tetap nekat melaksanakan takbir keliling, maka pihaknya akan menyiapkan pengamanan.

"Maka sekali lagi kami mengimbau untuk tidak dilakukan. Apabila ini dilakukan, tentunya kehadiran Polri dengan adanya pospam, pos pelayanan, pos pemantauan ya, kemudian sampai program ada polisi, yaitu polisi RW dan juga ada Bhabinkamtibmas serta tentunya bersinergi dengan Pemprov DKI dan juga dari Kodam Jaya atau TNI kita sama-sama menjaga," kata dia.

"Saya mengimbau sekaligus meminta, berharap kepada masyarakat menjaga dirinya dan lingkungannya. Mau pun terkecilnya, keluarga," dia menandaskan.

Video Terkini