Sukses

Potret Ribuan Muslim Tumpah Ruah Sholat Idul Fitri di Kebun Raya Bogor

Ribuan umat Muslim di Kota Bogor, Jawa Barat, melaksanakan sholat Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah atau Sabtu (22/4/2023) di Kebun Raya Bogor.

Liputan6.com, Jakarta Ribuan umat Muslim di Kota Bogor, Jawa Barat, melaksanakan sholat Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah atau Sabtu (22/4/2023) di Kebun Raya Bogor.

Jemaah mulai memadati setiap saf atau barisan sholat pukul 06.00 WIB. Mereka berbondong-bondong berjalan kaki bersama anggota keluarga dengan membawa perlengkapan sholat lengkap seperti mukenah bagi perempuan dan alas sajadah berupa tikar kecil atau koran.

Sholat sunah berjamaah di Hari Raya Idul Fitri dimulai tepat pukul 07.00 WIB dengan Khotib Tubagus Muhidin, selaku Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bogor dan imam sholat oleh Ilham Waliyudin sebagai pimpinan Pondok Pesantren Rijalul Quran.

<p>Pelaksanaan sholat Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah atau Sabtu (22/4/2023) di Kebun Raya Bogor. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)</p>

Wali Kota Bogor Bima Arya dan Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim beserta unsur Forkopimda ikut melaksanakan sholat sunah muakkadah di dalam kawasan hutan kota ini.

Lapangan rumput di area Kebun Raya Bogor yaitu Reinwardt Avenue kembali menjadi pusat pelaksanaan ibadah sholat Idul Fitri tahun ini setelah tiga tahun ada larangan karena pandemi Covid-19.

Bima Arya dalam sambutannya menekankan pentingnya untuk mensyukuri nikmat waktu dan kesehatan. Hal ini sejalan dengan sabda Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam, yang artinya, "Ada dua kenikmatan yang banyak manusia tertipu, yaitu nikmat sehat dan waktu senggang."

<p>Pelaksanaan sholat Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah atau Sabtu (22/4/2023) di Kebun Raya Bogor. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)</p>

"Seringkali kita merasa sehat dan kuat tapi kemudian tumbang, karena kekhilafan dan kealpaan. Seringkali juga kita melewati kesempatan hal-hal yang baik dan yang bermanfaat," ucap Bima Arya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ramadhan Tingkatkan Ketakwaan

Menurut Bima Arya, bulan suci Ramadan juga mengajarkan umat muslim untuk lebih meningkatkan ketakwaan, dan memanfaatkan kesehatan untuk terus beribadah, dikarenakan bulan ini memiliki beberapa keutamaan atau manfaat.

"Tidak terasa waktu cepat sekali berlalu. Sekali lagi Ramadan mengajarkan kita untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya," ucap Bima Arya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini