Sukses

Libur Lebaran Idul Fitri, Ada 3.030 Penumpang Menyebrang ke Kepulauan Seribu

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyampaikan, terdapat 3.030 orang yang berlayar dari Pelabuhan Kaliadem ke Kepulauan Seribu, Jakarta Utara dengan 19 kapal pada Minggu (23/4/2023) dalam rangka libur lebaran Idul Fitri 2023.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyampaikan, terdapat 3.030 orang yang berlayar dari Pelabuhan Kaliadem ke Kepulauan Seribu, Jakarta Utara dengan 19 kapal pada Minggu (23/4/2023) dalam rangka libur lebaran Idul Fitri 2023.

Adapun data ini dihimpun dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Muara Angke.

"Total ada 19 kapal yang terdiri dari 17 kapal tradisional dan 2 kapal Dinas Perhubungan yang dioperasikan mengangkut total 3.030 orang penumpang pada hari kedua Idul Fitri ini. Untuk itu, saya meninjau langsung pengawasan aspek keselamatan pelayaran di Kali Adem ini," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Arif Toha dalam rilis resminya, Minggu (23/4/2023).

Dia mengingatkan kepada para penumpang untuk menggunakan life jacket sepanjang pelayarannya ke Kepulauan Seribu guna mengutamakan keselamatan pelayaran.

"Dan tadi saya melihat para penumpang sudah menggunakan life jacket di atas kapal. Ini merupakan bentuk kesadaran para penumpang bahwa keselamatan pelayaran merupakan tanggung jawab kita bersama," ujar Arif.

Lebih lanjut, Arif mengingatkan Syahbandar, stakeholder, dan petugas di lapangan untuk terus memastikan terpenuhinya aspek-aspek keselamatan seperti kapal yang laik laut, ketersediaan life jacket sesuai dengan kapasitas kapal, jumlah penumpang yang tidak melebihi kapasitas, dan memastikan cuaca mendukung untuk berlayar terlebih dalam libur lebaran 2023 ini.

"Saya minta Syahbandar dan petugas terkait lainnya jangan lengah dengan keselamatan, saya minta aspek-aspek keselamatan benar-benar di perhatikan baik sarana dan prasarananya," tambah Arif.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beli Tiket Secara Daring

Kemudian, Arif menyarankan agar masyarakat membeli tiket secara daring untuk mengantisipasi adanya antrean di loket pembelian tiket serta memastikan agar penumpang dapat terangkut karena sudah pasti mendapatkan tiket untuk berlayar.

"Di masa libur lebaran ini banyak masyarakat yang berlibur ke Kepulauan Seribu. Kita layani dengan maksimal masyarakat yang akan berwisata tetapi aspek keselamatan tetap harus diutamakan," kata dia.

 

Reporter: Lydia Fransisca/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini