Sukses

Jokowi Perintahkan Gubernur Jambi Rutin Cek Harga Komoditas Pangan di Pasar

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menginstruksikan pemerintah daerah (pemda) Jambi untuk terus melakukan pengecekan harga komoditas pangan di pasar.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menginstruksikan pemerintah daerah (pemda) Jambi untuk terus melakukan pengecekan harga komoditas pangan di pasar.

Menurut dia, pengecekan harga di pasar penting dilakukan untuk mengendalikan inflasi yang berpengaruh terhadap daya beli masyarakat.

"Saya sudah perintahkan kepada gubernur (Jambi), kepada wali kota untuk melihat terus harga-harga yang ada di pasar. Dan saya senang di Jambi inflasinya turun artinya harga-harga bisa dikendalikan turun," jelas Jokowi usai mengunjungi Pasar Rakyat Talang Banjar, Kota Jambi, Provinsi Jambi, dikutip dari siaran pers, Selasa (16/5/2023).

Dia menyebur bahwa harga komoditas pangan di Pasar Rakyat Talang Banjar Jambi masih stabil. Bahkan, kata Jokowi, beberapa cenderung turun pada beberapa komoditas.

"Ini kan habis Lebaran saya ingin memastikan bahwa harga-harga masih baik dan justru beberapa turun, hanya telur saja yang harganya sedikit naik," ujar.

Selain pengecekan harga di pasar, Jokowi menyampaikan bahwa langkah konkret yang dapat dilakukan dalam pengendalian inflasi yaitu dengan membantu biaya transportasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantu Pembiayaan Tempat Produksi

Dia menyebut pemda dapat mengalokasikan APBD untuk membantu pembiayaan tersebut dari tempat produksi ke pasar.

"Jelas kan sudah bolak balik saya sampaikan membantu dari APBD baik provinsi, maupun kota, maupun kabupaten untuk membiayai biaya transpor dari tempat produksi ke pasar, itu jelas konkret," tutur Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga menyapa sekaligus memberikan bantuan modal kerja kepada para pedagang di pasar.

Turut mendampingi Jokowi pada peninjauan di pasar yaitu Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Jambi Al Haris, dan Wali Kota Jambi Syarif Fasha.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.