Sukses

Cuaca Indonesia Hari Ini Jumat 19 Mei 2023: Langit Paginya Cerah Berawan

Pada pagi hari ini, Jumat (19/5/2023), langit Indonesia hampir keseluruhannya berawan, cerah berawan, cerah, berawan tebal, dan kabut, kecuali hujan ringan di Serang dan Bandar Lampung. Itulah prakiraan cuaca Indonesia hari ini, Jumat (19/5/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Pada pagi hari ini, Jumat (19/5/2023), langit Indonesia hampir keseluruhannya berawan, cerah berawan, cerah, berawan tebal, dan kabut, kecuali hujan ringan di Serang dan Bandar Lampung. Itulah prakiraan cuaca Indonesia hari ini, Jumat (19/5/2023).

Dilaporkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), lalu siang nanti, cuaca Indonesia sebagiannya cerah, cerah berawan, berawan, berawan tebal, hujan ringan, hujan sedang, dan juga hujan petir.

Hujan dengan intensitas ringan diprediksi guyur Jakarta Pusat, Bandung, Banjarmasin, Palangkaraya, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, dan Ambon pada siang hari nanti serta waspada hujan petir di Bandar Lampung.

Begitu pula malam nanti, Indonesia sebagian cuacanya akan cerah berawan, berawan, cerah, kabut, hujan ringan, hujan sedang, dan hujan petir.

Wilayah yang diprakirakan turun hujan berintensitas ringan pada malam hari nanti, yaitu Jakarta Pusat, Samarinda, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, dan Padang.

Lalu waspada hujan petir diprediksi mengguyur Jambi, Tarakan, dan Pekanbaru serta hujan sedang di Pekanbaru malam hari nanti.

Berikut informasi prakiraan cuaca Indonesia selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id:

 Kota  Pagi  Siang  Malam
 Banda Aceh  Cerah Berawan  Cerah   Cerah Berawan
 Denpasar  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Berawan
 Serang  Hujan Ringan  Hujan Sedang  Berawan
 Bengkulu  Berawan  Cerah Berawan  Berawan 
 Yogyakarta   Cerah Berawan  Cerah Berawan  Berawan
 Jakarta Pusat   Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Gorontalo   Cerah Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Jambi   Berawan  Cerah Berawan  Hujan Petir
 Bandung   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Semarang   Cerah Berawan  Berawan  Cerah Berawan
 Surabaya   Cerah Berawan  Cerah   Cerah Berawan
 Pontianak   Cerah Berawan  Berawan  Cerah Berawan
 Banjarmasin   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Cerah Berawan
 Palangkaraya  Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Samarinda  Berawan  Cerah Berawan  Hujan Ringan
 Tarakan   Cerah Berawan  Cerah Berawan  Hujan Petir
 Pangkal Pinang  Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Tanjung Pinang   Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Bandar Lampung  Hujan Ringan  Hujan Petir  Kabut
 Ambon   Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Ternate   Berawan Tebal  Berawan  Cerah Berawan
 Mataram   Cerah Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Kupang   Cerah  Cerah Berawan  Cerah
 Kota Jayapura  Berawan  Berawan  Berawan
 Manokwari   Berawan  Berawan  Berawan
 Pekanbaru   Kabut  Cerah Berawan  Hujan Petir
 Mamuju   Berawan  Cerah Berawan  Berawan
 Makassar   Cerah Berawan  Berawan  Berawan
 Kendari   Cerah Berawan  Cerah Berawan  Berawan
 Manado    Cerah Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Padang   Cerah Berawan  Berawan  Hujan Ringan
 Palembang  Berawan  Berawan Tebal  Berawan
 Medan   Cerah Berawan  Cerah Berawan  Hujan Sedang
2 dari 3 halaman

Cuaca Tak Tentu, Ini Manfaat Mengonsumsi Minuman Jahe

Jahe merupakan salah satu tanaman obat yang banyak memiliki manfaat bagi tubuh. Jahe dipercaya bisa menjaga kesehatan dan mengurangi beberapa gejala penyakit.

Tak heran jika jahe yang telah diolah menjadi minuman hangat banyak dikonsumsi saat cuaca dingin atau musim hujan. Cara membuatnya pun cukup mudah, yakni dengan memarut jahe yang telah dicuci kemudian merebusnya selama 5-10 menit.

Setelah matang, minuman jahe disaring dan dikonsumsi dengan menambahkan bahan lainnya, seperti madu, lemon, atau jeruk nipis. Selain sebagai penghangat badan, jahe ternyata juga memiliki banyak manfaat lainnya yang baik untuk tubuh.

Mengutip dari yankes.kemkes.go.id, berikut manfaat minuman jahe:

1. Mengurangi Reaksi Alergi

Minuman jahe dipercaya dapat meredakan reaksi alergi. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat menenangkan respons peradangan yang disebabkan oleh alergi.

2. Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi jahe juga dapat menurunkan berat badan secara alami. Kamu bisa mengonsumsi teh jahe hangat yang dapat membuat perut terasa lebih kenyang.

3 dari 3 halaman

Manfaat Minum Jahe Selanjutnya

Manfaat selanjutnya:

3. Meredakan Nyeri Haid

Saat haid, perut akan terasa nyeri dan kram. Sebuah penelitian menunjukkan, meminum jahe hangat dapat meredakan nyeri haid. Ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa jahe memiliki efektivitas yang sama sebagai pereda nyeri untuk mengatasi kram menstruasi.

4. Meredakan Nyeri Sendi dan Otot

Selain meredakan masalah nyeri haid, jahe juga mampu meredakan nyeri sendi akibat peradangan dan nyeri otot. Sifat anti-inflamasi pada jahe juga dipercaya mampu dijadikan obat alami asam urat.

5. Mencegah Risiko Penyakit Jantung

Berbagai penelitian menunjukkan, kandungan antioksidan, mineral, dan asam amino dalam jahe dapat membantu melindungi diri dari penyakit jantung. Mengonsumsi minuman jahe dapat memperlancar peredaran darah, menurunkan kolesterol, meredakan sakit maag, mencegah serangan jantung, serta menurunkan tekanan darah.