Sukses

Hari Kedua di Hiroshima, Jokowi Akan Hadiri Sejumlah Pertemuan Bilateral Hingga KTT G7

Jokowi mengawali kegiatannya dengan melakukan pertemuan bilateral bersama Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida di Grand Prince Hotel Hiroshima.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melanjutkan kegiatan kunjungan kerja hari kedua di Hiroshima, Jepang, Sabtu (20/5/2023).

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi mengawali kegiatannya dengan melakukan pertemuan bilateral bersama Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida di Grand Prince Hotel Hiroshima.

Selain dengan PM Kishida, dia juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan PM Inggris Rishi Sunak.

Setelahnya, Jokowi dan delegasi terbatas akan kembali ke Rihga Royal Hotel Hiroshima untuk melakukan sejumlah pertemuan bilateral dengan beberapa negara sahabat.

Pada sore hari, Jokowi didampingi Ibu Iriana diagendakan menghadiri acara penyambutan resmi negara mitra G7 oleh PM Kishida dan Ibu Yuko Kishida.

Jokowi kemudian juga akan mengikuti sejumlah sesi dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7.

Rangkaian kegiatan Presiden dan Ibu Iriana diakhiri dengan menghadiri jamuan santap malam resmi yang digelar bagi para pemimpin negara anggota G7 serta negara mitra.

Sebelumnya, Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana bertolak ke Hiroshima, Jepang, Jumat (19/5/2023).

Salah satu agenda yang akan dihadiri Jokowi yakni, KTT G7 dengan negara-negara mitra atau G7 Outreach Summit tahun 2023.

"Pagi hari ini, saya bersama Ibu Negara dan delegasi terbatas akan berangkat ke Hiroshima di Jepang dalam rangka menghadiri undangan Presiden G7 yaitu Perdana Menteri Kishida Jepang," kata Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Jumat (19/5/2023).

 

2 dari 2 halaman

Jokowi Bahas Persoalan Global

Menurut dia, di dalam pertemuan G7 akan dibahas berbagai permasalahan global seperti perubahan iklim, pangan, energi, dan lainnya. Jokowi menyebut bahwa Indonesia ingin berkontribusi di bidang-bidang tersebut.

"Indonesia akan membawa suara dari _global south_ yang intinya negara-negara berkembang harus didengarkan, bukan hanya negara-negara maju dan negara-negara besar saja. Jadi negara-negara berkembang harus didengarkan di dalam forum itu. Keinginan kita kira-kira itu," jelasnya.

Selain menghadiri KTT G7, Jokowi juga diagendakan untuk melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin negara. Dia akan bertemu dengan beberapa kalangan pengusaha besar Jepang dalam format forum bisnis.

Jokowi dan rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 09.00 WIB. Jokowo direncanakan tiba kembali di Tanah Air pada Minggu, 21 Mei 2023.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT, adalah salah satu jenis pertemuan tertinggi kepala negara, untuk menegosiasi upaya diplomatik.

    KTT G7

  • Hiroshima