Sukses

Cuaca Indonesia Hari Ini Senin 22 Mei 2023: Dominan Cerah Berawan hingga Malam Nanti

Namun, ada sejumlah titik yang diselimuti awan, hujan ringan bahkan cuaca berkabut. Hujan ringan diprediksi BMKG terjadi untuk daerah Pontianak, sementara kabut di Pekanbaru pada pagi hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan sejumlah kota besar di wilayah Indonesia diprediksi cerah berawan hari ini, Senin (22/5/2023). Pagi ini misalnya, cuaca cerah berawan hampir mendominasi seluruh kota. 

Namun, ada sejumlah titik yang diselimuti awan, hujan ringan bahkan cuaca berkabut. Hujan ringan diprediksi BMKG terjadi untuk daerah Pontianak, sementara kabut di Pekanbaru.

Langit cerah berawan di wilayah Indonesia hari ini juga masih memenuhi sebagian besar kota pada siang nanti. BMKG juga mengungkap adanya potensi hujan petir, seperti di wilayah Jambi dan Medan.

Sementara, hujan intensitas ringan hingga terjadi untuk wilayah Bandung, Banjarmasin, Pangkal Pinang, Ambon, Mamuju serta Kendari. 

Begitu pun malam nanti, kondisi cuaca di Indonesia masih didominasi langit cerah berawan. Antara lain, Banda Aceh, Denpasar, Jakarta Pusat, Gorontalo, Pontianak, Banjarmasin, Samarinda, Pangkal Pinang, Ternate, Mataram, Kupang, Kota Jayapura, Manokwari, Mamuju, Manado, dan Palembang. 

Berikut informasi prakiraan cuaca Indonesia selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id:

 Kota   Pagi   Siang  Malam
 Banda Aceh  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Denpasar  Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Serang  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Berawan
 Bengkulu   Berawan  Cerah Berawan  Berawan
Yogyakarta Cerah Berawan Cerah Berawan Berawan
Jakarta Pusat Cerah Berawan Cerah Cerah Berawan
Gorontalo Cerah Berawan Cerah Berawan Cerah Berawan
Jambi  Berawan Hujan Petir Hujan Petir
Bandung Cerah Berawan Hujan Ringan Berawan
Semarang Cerah Berawan Cerah Berawan Berawan
Surabaya Cerah Berawan Cerah Cerah
Pontianak  Hujan Ringan Berawan Cerah Berawan
Banjarmasin Cerah Berawan Hujan Ringan Cerah Berawan
Palangkaraya Berawan Berawan Berawan
Samarinda Berawan Cerah Berawan Cerah Berawan
Tarakan Berawan Cerah Berawan Hujan Ringan
Pangkal Pinang Cerah Berawan Hujan Ringan Cerah Berawan
Tanjung Pinang Berawan Berawan Hujan Ringan
Bandar Lampung Berawan Berawan Berawan
Ambon Berawan Hujan Ringan Hujan Ringan
Ternate Cerah Berawan Cerah Berawan Cerah Berawan
Mataram Cerah Berawan Berawan Cerah Berawan
Kupang Cerah Berawan Cerah Berawan Cerah Berawan
Kota Jayapura Cerah Berawan Cerah Berawan Cerah Berawan
Manokwari  Cerah Berawan Cerah Berawan Cerah Berawan
Pekanbaru Kabut  Cerah Berawan Hujan Ringan
Mamuju Cerah Berawan Hujan Sedang Cerah Berawan
Makassar Cerah Berawan Cerah Berawan Berawan
Kendari Berawan Hujan Sedang Berawan
Manado Cerah Berawan Cerah Berawan Cerah Berawan
Padang Cerah Berawan Cerah Berawan Berawan
Palembang Cerah Berawan Cerah Berawan Cerah Berawan
 Medan  Cerah Berawan  Hujan Petir  Hujan Sedang
2 dari 3 halaman

Banjir Bandang Terjang Kawasan Sembahe Deli Serdang, BMKG Medan Sebut Ada Perubahan Cuaca Ekstrem di Sumut

Usai banjir bandang parah melanda kawasan wisata Sembahe, Deli Serdang Sumut, Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan, menyebut belum ada indikasi akan adanya banjir bandang susulan.

 "Untuk saat ini pantauan radar kondisi wilayah Karo, Deli Serdang, Medan, Langkat terpantau hanya berawan saja," ucap prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Budi Prasetyo di Medan, Sumut, Senin (1/5/2023).

Budi mengatakan, hujan deras di Kabupaten Karo yang merupakan dataran tinggi di Sumatera Utara terpantau telah terhenti hari ini sekitar pukul 17.00 WIB.

Kondisi itu disertai tidak ada lagi pertumbuhan awan-awan hujan pada empat kabupaten/kota di Sumatera Utara hingga beberapa jam ke depan.

"Yang jelas kita berharap jangan ada lagi banjir bandang susulan di Sembahe. Sebab tengah malam bisa tiba-tiba muncul awan, tapi kita prediksi beberapa jam ke depan tidak ada," katanya.

Ia juga mengatakan bahwa peristiwa banjir bandang di Sembahe akibat hujan deras karena perubahan cuaca yang cukup ekstrem di kawasan Sumatera Utara.

Dilaporkan, banjir bandang menerjang kawasan wisata pemandian alam Sembahe, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Minggu (30/4/2023) pukul 15.00 WIB.

Dalam video beredar terlihat debit air keruh dengan arus yang sangat deras menerjang lokasi pondok-pondok wisata pemandian alam di pinggir sungai Sembahe.

3 dari 3 halaman

Pertumbuhan Awan di Kabupaten Karo Cukup Pesat

Bahkan satu mobil minibus berwarna putih hanyut terbawa arus sungai dalam video yang diambil dari lokasi wisata pemandian alam Sembahe tersebut.

"Itu (banjir bandang di Sembahe, red) berdasarkan kita pantau tadi jam 12.00 WIB sudah ada hujan di sebagian wilayah Deli Serdang, termasuk Sibolangit," kata Budi.

Sementara di Kabupaten Karo, lanjut dia, terpantau radar mulai terjadi pertumbuhan awan hujan sekitar pukul 12.50 WIB yang cukup pesat dan terus semakin bertambah di wilayah udara.

"Sampai kejadian jam tiga lewat, terus diguyur hujan dengan intensitas lebat. Tapi sekarang tidak ada lagi awan hujannya," katanya.Â