Sukses

Bamsoet Sebut Kehadiran IKN Wujud untuk Hadirkan Smart City

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo alias Bamsoet mengatakan, pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang didorong oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi adalah menwujudkan kota ideal di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Ketua MPR RI Bambang Soesatyo alias Bamsoet mengatakan, pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang didorong oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi adalah menwujudkan kota ideal di Indonesia.

Adapun hal ini disampaikannya dalam ajang Indonesia-China Smarty City Expo 2023 di Jakarta, Jumat (26/5/2023).

“Salah satu cita-cita besar presiden kita adalah mewujudkan ibu kota nusantara sebagai kota yang ideal bagi kota dunia, smart city,” kata Bamsoet.

Karena itu, dia meyakini acara ini adalah dalam rangka mewujudkan masa depan Indonesia. Karena ke depannya akan ada dunia baru yang akan dihadapi oleh dunia.

“Nanti ada dunia maya, yang sangat berbeda dari apa yang bayangkan lima tahun yang lalu,” kata Bamsoet.

Sementara Pengusaha nasional Maruarar Sirait menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada INTI dan penyelenggara karena acara berjalan baik dan sukses.

“KIKT (Kadin Indonesia Komite Tiongkok) bersama INTI sangat luar biasa  bisa mendatangkan tiga menteri. Ini acara yang tidak sembarangan, sangat berkualitas. Ke depan akan terus terjalin kerja sama yang baik antara KIKT dan INTI menyelenggarakan even-even yang lain tak kalah hebat,” papar anggota KIKT ini.

2 dari 2 halaman

Dorong Masuk Investasi Indonesia

Sebelumnya, menurut Ketua Umum INTI Teddy Sugianto, Indonesia-China Smart City Technology & Investment Expo 2023 diharapkan menjadi faktor pendorong masuknya investasi di Indonesia.

Selain itu, sebagai organisasi kebangsaan, INTI tetap setia dan berkomitmen untuk ikut membantu pemulihan serta kebangkitan ekonomi Indonesia pasca pandemi.

“Kami berharap bahwa event ini akan menjadi faktor pendorong masuknya investasi di Indonesia. Kami meyakini bahwa pembangunan smart city akan menjadi tren yang terjadi di kota-kota di Indonesia,” ujar Teddy, pada konferensi pers yang berlangsung Senin (22/5/2023).

Pada kesempatan ini, Mayjen TNI (Purn) Dr. dr. Ben Yura Rimba, MARS., Ketua Panitia kegiatan tersebut juga menyatakan bahwa dalam rangka mendukung program Pemerintah untuk mengimplementasi 100 smart city (kota cerdas) di Indonesia, dibutuhkan upaya inovatif untuk membangun dan mengembangkan ekosistem kota dalam mengatasi permasalahan daerah hingga meningkatkan kualitas hidup masyarakat lokal.

Sebagai pernyataan dukungan terhadap pembangunan IKN, Ben juga menjelaskan, acara ini bisa jadi ajang penjelasan mengenai kehadiran kota cerdas.

"Melalui event ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai pengembangan Kota Cerdas dan IKN Nusantara bagi para stakeholder pembangunan smart city untuk berinvestasi di Tanah Air dan membuka peluang bagi para pelaku industri lokal terkait di pasar internasional,” kata dia.

Video Terkini