Sukses

PON XXI, Produk UMKM Binaan Amanah Jadi Alternatif Souvenir Khas Aceh

AMANAH membuat berbagai barang menarik, bergaya muda, dengan desain yang menggambarkan ciri khas Aceh.

Liputan6.com, Jakarta - Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tengah berlangsung di Aceh, menyambut hal itu komunitas Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) turut terlibat dengan menampilkan souvenir khas Aceh dengan cara yang kreatif melalui tenan yang tersedia.

Menurut Nasya Nazmah selaku pengunjung booth, AMANAH membuat berbagai barang menarik, bergaya muda, dengan desain yang menggambarkan ciri khas Aceh.

“Aku senang sekali bisa berkunjung ke booth AMANAH ini soalnya di sini ada banyak barang-barang keren. Dan barang yang disediakan itu khas Aceh. Ada motif-motif Acehnya, ada tentang Malahayati,” kata Nasya.

Nasya mengaku, gambar motif pinto, monumen kilometer nol Sabang, kuliner mie Aceh dan berbagai seni budaya tradisional lainnya menjadi yang terfavorit. Apalagi desain tersebut juga dicetak di tempat minum, sampul buku, kipas hingga gantungan kunci sehingga menambah menarik tampilannya.

“Kalau yang paling favorit, karena aku perempuan, aku suka gelang tapi aku juga suka totebag-nya. Soalnya, desainnya sangat menarik,” ungkap Nasya.

Selain produk kebendaan, AMANAH juga menyediakan produk-produk UMKM asal Aceh, khususnya makanan dan minuman. Menurut Nasya, inisiatif tersebut menandakan pengembangan UMKM di Aceh bergerak semakin baik.

“AMANAH ini bagus sekali karena mewadahi anak muda Aceh sehingga mereka bisa berkarya dan mereka juga difasilitasi supaya ke depannya menjadi anak-anak muda yang hebat dan unggul,” Nasya menandasi.

Sebagai informasi, Produk-produk buatan para anggota AMANAH dijual dalam Expo PON XXI Aceh-Sumut 2024 di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh. Kegiatan tersebut dijadwalkan berlangsung selama beberapa hari ke depan, pada 10-18 September 2024.

Dalam kesempatan kali ini, AMANAH menyediakan 22 jenis barang yang menarik perhatian para pengunjung seperti kaus dan tas jinjing (totebag) dengan berbagai desain yang sangat bergaya muda tanpa menghilangkan ciri khas tradisi budaya daerahnya.

Selain itu, barang-barang buatan AMANAH dinilai cocok dijadikan buah tangan atau souvenir bagi para pendatang dari luar Aceh. Banyak di antara pengunjung ke booth AMANAH merupakan kontingen PON dari berbagai daerah di Indonesia.

Melalui produk-produk yang menarik perhatian generasi muda, AMANAH mencoba mempromosikan potensi budaya Aceh kepada masyarakat luas. Sekaligus, memberdayakan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal.

Sebelumnya, AMANAH juga kerap mengikutsertakan produk UMKM binaanya dalam berbagai acara tingkat daerah maupun nasional. Salah satunya, dalam ajang Muslim Fashion Festival (Muffest) 2024 di Jakarta beberapa waktu lalu.

Program unggulan Presiden Joko Widodo itu memberikan dukungan yang signifikan. Selain menggelar berbagai pelatihan, AMANAH juga membantu pengemasan produk-produk UMKM lokal melalui Rumah Kemasan yang ada di Gedung AMANAH, Ladong, Kabupaten Aceh Besar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengenai AMANAH

Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (Amanah) adalah program pemberdayaan generasi muda Aceh yang digagas oleh Badan Intelijen Negara (BIN).

Program ini merupakan bentuk penyediaan dan dukungan fasilitas secara nyata bagi para pelaku UMKM, industri kreatif, maupun para pemuda dalam rangka meningkatkan perekonomian di Aceh serta sebagai wadah untuk menyalurkan segala bentuk ide, kreatifitas, dan aspirasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini