Sukses

Komentar Sandiaga Uno Konser Coldplay Singapura Jadi 6 Hari, Indonesia Cuma Sehari

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengakui bahwa masalah perizinan menjadi batu sandungan utama membuat Indonesia kalah saing dari Singapura yang berhasil menambah hari konser Coldplay menjadi 6 hari.

Liputan6.com, Jakarta - Tak tanggung-tanggung, Coldplay mengumumkan penambahan hari tur konser Music of The Spheres mereka di Singapura dari yang semula 5 kini menjadi 6 hari. Kabar tersebut diungkapkan akun media sosial resmi Coldplay @coldplay, Selasa (20/6/2023). Penambahan hari dilakukan pada 31 Januari 2024.

"Karena permintaan yang sangat luar biasa, hari ke-ENAM konser di Singapore National Stadium ditambahkan untuk tanggal 31 Januari 2024. Tiket sudah bisa dibeli sekarang melalui livenation.sg," kata akun Twitter resmi Coldplay.

Berbeda dengan di Indonesia, konser Coldplay bertajuk Music of The Spheres dijatah hanya berlangsung pada Rabu 15 November 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno pun angkat bicara. Dia pun mengakui bahwa masalah perizinan menjadi batu sandungan utama yang membuat Indonesia kalah saing dari Negeri Singa.

"Salah satu yang pertama diungkap itu adalah perizinan. Makanya, ini jadi bekal kita untuk meningkatkan percepatan dari proses perizinan yang sekarang sedang dikemas menggunakan digitalisasi," ujar Sandiaga dalam Weekly Brief with Sandi Uno (WBSU) di Jakarta, Senin 19 Juni 2023.

Dia pun mengaku hingga kini masih berusaha mengajukan satu hari tambahan konser di Indonesia. Hal tersebut penting agar bisa menekan biaya produksi lebih signifikan dan tidak menurunkan kunjungan wisatawan ke Indonesia.

Itu pula, menurut Sandiaga, alasan mengapa harga tiket konser Coldplay di Singapura bisa lebih murah.

"Karena jumlah harinya banyak, lima hari berturut-turut, sehingga biayanya bisa lebih rendah. Jadi kita lihat ekosistem di kita, kita bisa menurunkan (harga) konser tiket," kata dia.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Siapkan Strategi Agar Wisatawan Indonesia Tak Tersedot ke Singapura

Menurut Sandiaga, di sisi lain, pihaknya juga sedang menyiapkan strategi agar wisatawan Indonesia tidak terlalu tersedot ke Singapura karena menonton Coldplay.

"Menurut saya semakin urgent kita membuat strategi agar tidak terlalu tersedot kepada wisatawan kita yang liburan konser di Singapura," ucap dia.

"Kita harus seriuskan lagi paket-paket wisatawan di Batam-Bintan untuk menjadi (basis) wisatawan ingin menonton Coldplay itu, sehingga Batam dan Bintan dapat limpahan kunjungan wisatawan," sambung Sandiaga.

Promotor konser Coldplay di Negeri Singa, Live Nation SG, merilis seat map sekaligus harga tiket konser pada unggahan di akun Instagram resmi pada Kamis, 15 Juni 2023. Pihaknya juga mengungkap beberapa paket bundling yang tak kalah menarik.

 

3 dari 4 halaman

Coldplay Umumkan Tambah Hari Konser di Singapura Tanggal 31 Januari 2024, Jadi 6 Hari!

Sebelumnya, Coldplay mengumumkan penambahan hari tur konser Music of The Spheres mereka di Singapura dari yang semula 5 hari menjadi 6 hari.

Informasi ini diungkapkan akun media sosial resmi Coldplay @coldplay, Selasa (20/6/2023). Adapun penambahan hari dilakukan di tanggal 31 Januari 2024. Konser Coldplay Singapore dilakukan di Singapore National Stadium pada Januari tahun depan.

"Karena permintaan yang sangat luar biasa, hari ke-ENAM konser di Singapore National Stadium ditambahkan untuk tanggal 31 Januari 2024. Tiket sudah bisa dibeli sekarang melalui livenation.sg," kata akun Twitter resmi Coldplay, dikutip Tekno Liputan6.com.

Sekadar informasi, sebelumnya, band asal Inggris Coldplay mengumumkan menambah hari tur konser Coldplay Music of The Spheres mereka di Asia pada Januari 2024 untuk beberapa negara.

Penambahan konser dilakukan di Filipina dengan jadwal 19 Januari 2024 di Philippine Arena Manila.

Coldplay juga akan menggelar konser di Singapore dengan total empat hari konser. Namun, kemarin, ketika mengetahui antusiasme penonton lewat penjualan tiket konser, Coldplay memutuskan menambah hari konser jadi 5 hari.

Terbaru, kini Coldplay menambah hari konser menjadi 6 hari. Dengan demikian, konser Coldplay Singapore dijadwalkan pada 23, 24, 26, 27 Januari 2024, ditambah dengan tanggal 30 dan 31 Januari 2024.

 

4 dari 4 halaman

Harga Tiket Konser Coldplay Singapura

Berikut daftar harga tiket konser Coldplay di Singapura:

Standard:

General Standing: SGD 168 atau sekitar Rp 1,87 juta (asumsi kurs rupiah 11.170 per dolar Singapura)

CAT 1: SGD 298 atau sekitar Rp 3,32 juta

CAT 2: SGD 268 atau sekitar Rp 2,99 juta

CAT 3: SGD 238 atau sekitar Rp 2,65 juta

CAT 4: SGD 208 atau sekitar Rp 2,32 juta

CAT 5: SGD 168 atau sekitar Rp 1,87 juta

CAT 6: SGD 148 atau sekitar Rp 1,65 juta

CAT 7: SGD 128 atau sekitar Rp 1,42 juta

CAT 8: SGD 98 atau sekitar Rp 1,09 juta

CAT 9: SGD 68 atau sekitar Rp 759.737

Enhanced Experience yang dihadirkan dengan ragam fasilitas dan persediaannya terbatas, meliputi:

Ultimate Spheres Experience

SGD 1.098 atau sekitar Rp 12,26 juta

Satu tiket duduk SGD 298

Tur backstage sekali seumur hidup

Akses panggung untuk kesempatan foto yang dilakukan oleh fotografer profesional saat Coldplay akan tampil

Pintu masuk khusus ke tempat tersebut

Merchandise khusus untuk Ultimate Spheres Experience

Item hadiah Coldplay yang dirancang khsusus

Akses ke konter merchandise khusus

Supersolis Experience

SGD 538 atau sekitar Rp 6,01 juta

Satu tiket duduk SGD 298

Pintu masuk khusus ke tempat tersebut

Item hadiah Coldplay berkelanjutan yang dirancang khusus

Akses ke konter merchandise khusus

Kubik Experience Standing

SGD 398 atau sekitar Rp 4,44 juta

Entri awal

Pintu masuk khusus ke tempat tersebut

Item hadiah Coldplay yang dirancang khusus

Akses ke konter merchandise khusus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.