Sukses

BAZNAS Gandeng Pegadaian Guna Beri Kemudahan Layanan Pembayaran Kurban

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menggandeng PT Pegadaian dalam memberikan kemudahan layanan pembayaran kurban bagi masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menggandeng PT Pegadaian dalam memberikan kemudahan layanan pembayaran kurban bagi masyarakat. Layanan tersebut merupakan langkah BAZNAS dalam mengakomodir masyarakat yang ingin melakukan pembayaran kurban di Pegadaian dan menyalurkannya melalui BAZNAS.

Wakil Ketua BAZNAS RI, Mokhamad Mahdum mengatakan bahwa kerja sama ini diharapkan menciptakan mutual benefit bagi BAZNAS dan Pegadaian. Ia menyebut, mutual benefit tersebut ditunjukkan dengan meningkatkan penerimaan zakat, infak, sedekah, dan kurban dari Pegadaian dibanding tahun lalu.

“Kami berharap, semua channel yang dimiliki Pegadaian bisa digunakan untuk pembayaran zakat, infak, sedekah dan dana sosial keagamaan lainnya,” katanya dalam acara peluncuran Layanan Kurban Berkah BAZNAS di Outlet Pegadaian di Kantor Pusat BAZNAS, Jakarta, Rabu (21/6/2023).

Selain itu, Mahdum juga mengungkapkan bahwa kerja sama ini bertujuan untuk meng-encourage masyarakat untuk belajar menabung emas di Pegadaian.

“Tahun ini, kami memiliki 1889 penerima program pemberdayaan. Jika masing-masing menabung emas mulai dari Rp10 ribu, itu pasti jumlahnya akan banyak,” ungkapnya.

“Kami berharap, budaya menabung emas menjadi budaya menabung bagi masyarakat dan mustahik BAZNAS. Dan juga, sinergi ini dapat meningkatkan pengelolaan dan pendapatan BAZNAS dan juga Pegadaian,” jelas Mahdum.

2 dari 2 halaman

Berlangsung Selama Tiga Tahun

 Dalam kesempatan yang sama, Senior Vice President PT Pegadaian, Teguh Budi Ismanto mengungkapkan bahwa kerja sama dengan BAZNAS ini telah berlangsung selama tiga tahun. Dirinya mengatakan bahwa sebelumnya, kerja sama hanya meliputi layanan zakat, infak, dan sedekah saja.

“Kini, kami menghadirkan fitur layanan kurban di seluruh outlet Pegadaian yang telah tersebar di 2.086 titik,” ungkapnya.

Outlet pegadaian berjumlah ribuan di seluruh Indonesia. Pembayaran zakat lewat Pegadaian dapat dilakukan secara tunai atau non tunai di Pegadaian seluruh Indonesia.

Teguh juga menegaskan bahwa Pegadaian siap menggerakkan seluruh karyawan untuk bisa menyalurkan kurban di outlet Pegadaian.

“Kita juga masih melakukan penawaran kepada masyarakat. Apalagi sekarang menjelang Iduladha, kita terus mengedukasi masyarakat untuk bisa membayar kurban di Pegadaian,” ujarnya.

“Semoga, kerja sama ini tidak sampai di sini agar Pegadaian dan BAZNAS bisa mengeksplorasi hal-hal baru yang bermanfaat di masyarakat terkait dalam hal ibadah,” jelas Teguh.

 

(*)