Sukses

Antisipasi Macet di PRJ, Dishub DKI Imbau Masyarakat Naik Kendaraan Umum

Menurut Syafrin, pihaknya telah melakukan pemantauan di lokasi PRJ beberapa waktu belakangan. Hasilnya, kemacetan disebabkan oleh masifnya pergerakan masyarakat dengan kendaraan pribadi di kawasan itu.

Liputan6.com, Jakarta - Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair di JIExpo, Kemayoran tetap dibuka untuk umum selama cuti bersama Idul Adha 1444 Hijriah. Oleh sebab itu, agar kemacetan tak terjadi, masyarakat diminta ke PRJ naik kendaraan umum.

"Nah tentu kami menghimbau kepada masyarakat agar ke PRJ itu tetap menggunakan angkutan umum. Bisa dengan KRL, nanti turun di kemayoran. Kemudian di sana sudah disiapkan shuttle bus," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo kepada wartawan, Kamis (29/6/2023).

Menurut Syafrin, pihaknya telah melakukan pemantauan di lokasi PRJ beberapa waktu belakangan. Hasilnya, kemacetan disebabkan oleh masifnya pergerakan masyarakat dengan kendaraan pribadi di kawasan itu.

"Sebenarnya di sana sudah disiapkan lahan parkir, tapi karena bersamaan masyarakat masuk, sehingga ada kepadatan. Apalah itu di kawasan Benyamin Sueb, kemudian di Jalan Angkasa dan sekitarnya," terang Syafrin.

Syafrin menyampaikan, pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sebetulnya telah menyiapkan tiga rute Transportasi Jakarta (Transjakarta) menuju PRJ, Kemayoran. Rute ini, kata dia harusnya dapat dijadikan pilihan bagi masyarakat yang hendak ke PRJ untuk menghindari kemacetan.

"Jadi sekarang untuk TransJ ada tiga rute yang disiapkan Pemprov DKI untuk melayani ke kemayoran. Diantaranya, ada rute yang dari Balai Kota ke Kota, sekarang diarahkan ke PRJ dahulu, dan sebaliknya," ungkap dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PRJ Digelar Selama 33 Hari

Diketahui, Jakarta Fair Kemayoran 2023 digelar selama 33 hari hingga 16 Juli 2023 mendatang. Pameran Jakarta Fair Kemayoran tetap dibuka untuk umum, termasuk pada Hari Raya Idul Adha.

Adapun, jam operasional event Jakarta Fair saat cuti bersama libur hari raya Idul Adha 1444H antara lain 28 Juni 2023 dibuka dari pukul 10.00-20.00 WIB, pada 29 Juni 2023 dibuka pukul 14.00-23.00 WIB, lalu pada 30 Juni 2023 dibuka mulai pukul 10.00-23.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.