Sukses

Top 3 News: Gempa Magnitudo 6,4 Guncang Barat Daya Bantul DIY, Terasa hingga Malang Jawa Timur

Sekitar pukul 19.57 WIB pada Jumat 30 Juni 2023, gempa bermagnitudo 6,4 mengguncang 86 kilometer Barat Daya Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Itulah top 3 news hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Sekitar pukul 19.57 WIB pada Jumat 30 Juni 2023, gempa bermagnitudo 6,4 mengguncang 86 kilometer Barat Daya Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Itulah top 3 news hari ini.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan, pusat gempa bumi tersebut berada di kedalaman 25 kilometer.

Gempa tersebut pun dirasakan hingga ke Kudus, Jawa Tengah dan Malang, Jawa Timur.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas mengatakan, polemik Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun hanya sandiwara yang disutradarai Panji Gumilang.

Menurut dia, ada kasus yang sedang berusaha untuk mengalihkan perhatian rakyat dari masalah-masalah besar di negeri ini. Abbas meyakini, para pihak terkait tidak ingin terseret karena dapat mengancam kedudukan dan kekuasaan.

Oleh karena itu, dimunculkanlah kasus Panji Gumilang melalui pernyataan yang sangat kontroversial. Meski begitu, Abbas mengakui pernyataannya hanya sebatas dugaan yang berdasarkan pengalamam historis dan politis di masa lalu.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait Kapolsek Medansatria Kompol Nur Aqsha Ferdianto yang mengungkapkan kronologi pembunuhan pedagang sate di Medansatria, Kota Bekasi, Jawa Barat oleh DR (22). DR tak lain anak korban sendiri.

Aqsha menjelaskan, pelaku lalu masuk diam-diam dan menghujamkan senjata tajam ke bagian dada korban sebanyak lima kali hingga korban meninggal dunia di tempat.

Menurutnya, pelaku membunuh ayahnya dengan menggunakan senjata tajam berupa sangkur. Pelaku beraksi saat korban sedang tertidur pulas di kamarnya.

Hasil autopsi menyebutkan korban tewas kehabisan darah. Diketahui ada lima tusukan senjata tajam di bagian dada, punggung, lengan, kepala belakang, dan leher belakang korban.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Jumat 30 Juni 2023:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Gempa M 6,4 Guncang Barat Daya Bantul DIY, Dirasa hingga Malang Jawa Timur

Gempa Magnitudo 6,4 mengguncang 86 kilometer Barat Daya Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Gempa terjadi pukul 19.57 WIB, Jumat 30 Juni 2023.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan, pusat gempa berada di kedalaman 25 kilometer.

"Info Gempa Mag:6.4, 30-Jun-23 19:57:43 WIB, Lok:8.63 LS,110.08 BT (86 km BaratDaya BANTUL-DIY), Kedlmn:25 Km ::BMKG," tulis BMKG, Jumat.

Gempa tersebut dirasakan hingga ke Kudus, Jawa Tengah dan Malang, Jawa Timur.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Anwar Abbas Duga Kasus Pimpinan Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang Hanya Sandiwara Belaka

Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas mengatakan, polemik Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun hanya sandiwara yang disutradarai Panji Gumilang.

Menurut dia, ada kasus yang sedang berusaha untuk mengalihkan perhatian rakyat dari masalah-masalah besar di negeri ini.

“Kalau perhatian masyarakat luas tidak dialihkan maka banyak pihak akan terseret ke dalam kasus. Sehingga nama-nama mereka akan muncul dan menjadi perbincangan publik dan sangat mengganggu kenyamanan dan keamanan dari pihak-pihak tertentu,” kata Abbas dalam keterangan tertulis diterima, Jumat 30 Juni 2023.

Abbas meyakini, para pihak terkait tidak ingin terseret karena dapat mengancam kedudukan dan kekuasaan. Oleh karena itu, dimunculkanlah kasus Panji Gumilang melalui pernyataan yang sangat kontroversial.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Kronologi Pembunuhan Pedagang Sate di Bekasi oleh Anak Sendiri

Kapolsek Medansatria, Kompol Nur Aqsha Ferdianto mengungkapkan kronologi pembunuhan pedagang sate di Medansatria, Kota Bekasi, Jawa Barat, oleh DR (22), yang tak lain anak korban sendiri.

Menurutnya, pelaku membunuh ayahnya dengan menggunakan senjata tajam berupa sangkur. Pelaku beraksi saat korban sedang tertidur pulas di kamarnya.

"Awalnya pelapor atau istri korban dan saksi, yaitu anak perempuan, serta korban sedang beristirahat ataupun tidur di kamar," kata Aqsha kepada awak media, Jumat 30 Juni 2023.

Pelaku lalu masuk diam-diam dan menghujamkan senjata tajam ke bagian dada korban sebanyak lima kali hingga korban meninggal dunia di tempat.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.