Sukses

Heru Budi hingga Erick Thohir Tinjau JIS yang Jadi Opsi Lokasi Piala Dunia U-17, Pengaman Ketat Dikerahkan

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama Menteri BUMN RI Erick Thohir beserta Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljoyo meninjau Jakarta Internasional Stadium (JIS), Jakarta Utara, Selasa (4/7/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI Erick Thohir beserta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljoyo meninjau Jakarta Internasional Stadium (JIS), Jakarta Utara, Selasa (4/7/2023).

Sayangnya, peninjauan JIS yang dimulai sekitar pukul 10.04 ini tertutup dari awak media. Pengamanan pun dilakukan secara ketat.

Hingga pukul 10.38 WIB, rombongan yang melakukan peninjauan nampak keluar dari stadion. JIS diketahui menjadi kandidat venue untuk Piala Dunia U-17 2023.

Rombongan melihat sejumlah infrastruktur JIS yang hendak direnovasi untuk persiapan sebaai salah satu kandidat venue penyelenggaraan ajang Piala Dunia U-17 2023 itu.

Awak media diminta oleh petugas keamanan menunggu di pintu masuk stadion zona barat.

"Iya tidak boleh masuk. Ini (acara) internal," kata salah seorang sekuriti kepada wartawan yang berusaha masuk ke stadion, Selasa (4/7/2023).

Awak media baru diperkenankan masuk usai para rombongan menteri dan pejabat itu meninggalkan arena JIS.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono akan meninjau Jakarta International Stadium (JIS) pada Selasa (4/7/2023).

Heru bakal memantau kondisi stadion di Jakarta Utara itu sebelum diperbaiki setelah menjadi opsi venue Piala Dunia U-17.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) ini, akan meninjau JIS bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono serta Ketua Umum PSSI sekaligus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Dilihat Liputan6.com, peninjauan ke JIS oleh Heru Budi bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara RI Erick Thohir dan Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono dijadwalkan pada pukul 10.00 WIB.

"Saya dengan Menteri PUPR, dengan Menteri BUMN untuk ngecek," ujar Heru di Balai Kota DKI Jakarta, Senin, 3 Juli 2023.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Renovasi JIS Bakal Dilakukan

Heru menyampaikan, renovasi JIS bakal dilakukan untuk menyesuaikan agar stadion itu sesuai dengan standarisasi FIFA untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-17.

Menurut Heru, akses keluar masuk JIS bakal menjadi perhatian untuk kemudian apakah bakal diputuskan penambahan.

"Kalau akses stadion kan sudah ada dari parkiran. Akses tambahan keluar penonton ya (tempat) keluar mobil. Akses sekarang dua pintu, kita minta FIFA untuk ngecek itu akses lainnya harus ada belakang samping, apa dari samping atau dari danaunya," ungkap Heru.

Kendati demikian, Heru belum mau membeberkan secara rinci apa saja aspek yang bakal direnovasi. Oleh sebab itu, kata dia peninjauan akan dilakukan untuk selanjutnya proses renovasi diserahkan kepada ahli.

"Kalau saya kan tidak tahu bukan ahlinya tidak tahu biar ahlinya," ucapnya.

 

3 dari 3 halaman

Sejumlah Perbaikan Bakal Dilakukan

Indonesia dinyatakan FIFA secara resmi menjadi tuan rumah Piala DUnia U-17 2023. Berbagai stadion tengah disiapkan untuk menjadi lokasi pertandingan Piala Dunia U-17, salah satunya Jakarta Interational Stadium (JIS).

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengaku memang mempertimbangkan JIS sebagai salah satu opsi stadion Piala Dunia U-17 2023.

"Saya sangat terbuka arahan Bapak Presiden untuk melihat juga beberapa stadion yang memang standarisasinya sudah bisa, tetapi itu yang saya sampaikan kepada Bapak Presiden," kata Erick Thohir di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta. Dia menyampaikan ada beberapa catatan FIFA saat meninjau JIS menjadi opsi venue Piala Dunia U-20. Erick mengungkapkan JIS memiliki kendala di parkir dan akses penonton yang terbatas.

"Yang pasti menjadi catatan kemarin kendalanya itu parkir sama akses penonton. Yang harusnya ada 4 pintu, baru terbuka satu pintu," ujarnya.

Erick menekankan pentingnya akses penonton sebab menyangkut keselamatan suporter. Untuk itu, dia akan melakukan peninjauan ke JIS guna memastikan bagaimana akses penonton.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.