Sukses

Usut Kasus BTS Kominfo, Kejagung Akan Periksa Don Adam Terkait Gepokan Dolar USD

Ketut menegaskan, pengusutan kasus korupsi BTS 4G BAKTI Kominfo akan dilakukan hingga tuntas. Terlebih, sudah ada enam terdakwa yang tengah disidangkan di pengadilan.

Liputan6.com, Jakarta Kejaksaan Agung (Kejagung) akan melakukan pemeriksaan terhadap Don Adam alias Adamsyah Wahab yang fotonya viral dengan gepokan dolar Amerika atau USD di dalam kardus. Uang itu disebut-sebut berkaitan dengan kasus korupsi BTS 4G BAKTI Kominfo.

"Kita sudah mendapatkan Twitter, IG juga kita dapatkan, tentu ini jadi bahan masukan kami ya, kalau ada kebenaran yang harus kita telusuri kenapa tidak. Pasti kita juga akan panggil,” tutur Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana kepada wartawan, Senin (10/7/2023).

Menurut Ketut, pihaknya akan mendalami informasi apapun yang beredar di masyarakat, berkaitan dengan kasus korupsi BTS 4G BAKTI Kominfo. Termasuk perihal Don Adam dengan gepokan USD.

"Pasti kita akan panggil, bukan belum ada rencana, pasti kita panggil. Semua yang beredar di masyarakat kita klarifikasi ya biar kita nggak dibilang melempem,” jelas dia.

Ketut menegaskan, pengusutan kasus korupsi BTS 4G BAKTI Kominfo akan dilakukan hingga tuntas. Terlebih, sudah ada enam terdakwa yang tengah disidangkan di pengadilan.

"Enam orang sudah sidang apanya yang melempem. Penyidikannya masih berjalan, pemanggilan masih berjalan, tentu apa yang beredar di masyarakat juga kami akomodir untuk bahan kami apa menundukkan perkara ini secara terang benderang, transparan dan objektif sebagaimana harapan besar kami,” Ketut menandaskan.

2 dari 2 halaman

Viral Don Adam dengan Gepokan Uang Dolar AS

Sebelumnya, viral di sosial media foto Don Adam alias Adamsyah Wahab dengan gepokan uang dolar Amerika USD di dalam kardus. Narasinya pun dikaitkan dengan kasus korupsi penyediaan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Tahun 2020-2022.

Berdasarkan akun Twitter Irvan Gani @ghanieierfan yang dikutip Kamis (6/7/2023), foto Don Adam disematkan mention ke akun Kejaksaan RI, PPATK, hingga Divisi Humas Polri. 

Dikonfirmasi terpisah, Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana mengaku belum mendapatkan informasi dari penyidik perihal ada tidaknya pemeriksaan terhadap Don Adam yang merupakan mantan Caleg Partai Demokrat itu, atas kasus korupsi BTS 4G BAKTI Kominfo.

"Belum dapat info, nanti kalau ada saya kirim,” tutur Ketut saat dikonfirmasi.