Sukses

Desa Moderasi Beragama Diresmikan di NTT, Wujud Jaga Kerukunan

Desa Oinlasi yang terletak di Kecamatan Amanatun Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT) diresmikan menjadi Desa Moderasi Beragama pada Senin 24 Juli 2023.

 

Liputan6.com, Jakarta Desa Oinlasi yang terletak di Kecamatan Amanatun Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT) diresmikan menjadi Desa Moderasi Beragama pada Senin 24 Juli 2023.

Adapun, Desa ini binaan dari Institut Agam Kristen Negeri (IAKN) Kupang. Diketahui, ini juga menjadi bukti nyata dan komitmen penuh IAKN Kupang untuk mendukung program 10 Desa Moderasi yang digagas oleh Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen (Dirjen Bimas Kristen) Kementerian Agama (Kemenag), Jeane Marie Tulung.

Bupati TTS, Egusem Pieter Tahun yang hadir, mengapresiasi Desa Oinlasi dalam menerapkan moderasi beragama. Dia menegaskan bahwa kerukunan dan persatuan antarumat beragama adalah kunci untuk mencapai kemajuan dan pembangunan yang berkelanjutan di daerah ini.

Menurut Egusem, dengan menjadi Desa Moderasi Beragama Binaan IAKN Kupang, Desa Oinlasi diharapkan menjadi teladan bagi desa-desa lainnya dalam membangun ketahanan sosial dan memperkuat kerjasama antarumat beragama.

"Kerukunan kita cukup baik, tapi jangan lengah, supaya tetap terjalin hubungan di daerah ini. Jangan sampai orang memanfaatkan kebaikan kita untuk merusak kita” Pesan Bupati TTS," kata dia seperti keterangannya, Selasa (25/7/2023).

Sementara, Rektor IAKN Kupang Harun Y. Natonis menjelaskan, memilih Desa Oinlasi lantaran dalam sejarahnya desa tersebut belum pernah bermasalah dalam hal agama meskipun di desa ini ada beragam agama.

Dia menuturkan, pentingnya peran lembaga pendidikan dalam mengembangkan semangat moderasi beragama. IAKN Kupang berkomitmen untuk mendukung Desa Oinlasi dengan berbagai program pendidikan dan pembinaan yang berkaitan dengan moderasi beragama.

"Guna meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menghargai perbedaan agama," jelas Harun.

 

2 dari 2 halaman

Disambut Meriah

Acara peresmian ditandai dengan pemukulan gong sebanyak 5 kali (perwujudan dari kelima sila Pancasila) dan pembukaan tirai Desa Moderasi yang dilakukan secara simbolis oleh Bupati TTS didampingi Rektor IAKN Kupang.

Tirai tersebut merupakan lambang dari semangat untuk membuka pintu-pintu keberagaman dan penerimaan dalam menciptakan kedamaian dan persatuan.

Dalam kesempatan ini, sebagai salah satu program dari Kampung Moderasi, IAKN Kupang menyerahkan bantuan pembangunan rumah ibadah dan fasilitas masyarakat di Desa Oinlasi.

Selain itu, IAKN Kupang juga menyelenggarakan sosialisasi moderasi beragama bagi tokoh masyarakat dan tokoh agama yang rencananya dilaksanakapan pada 25-26 Juli 2023 di Kantor Desa Oinlasi.

 

Video Terkini