Sukses

Dishub DKI Pertimbangkan Fasilitas Bagasi untuk Koper Penumpang Transjakarta Rute Bandara

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menerima semua saran dan masukan soal hasil evaluasi layanan Transjakarta menuju Bandara Soekarno Hatta (Soetta).

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menerima semua saran dan masukan soal hasil evaluasi layanan Transjakarta menuju Bandara Soekarno Hatta (Soetta). Termasuk kemungkinan untuk menambah fasilitas bagasi pada bus Transjakarta rute Terminal Kalideres ke Bandara Soekarno-Hatta.

"Memungkinkan (penambahan bagasi untuk koper). Tapi untuk hal itu sambil kita pelajari karakter penumpangnya," kata Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat pada Selasa (1/8/2023).

Menurut Syafrin, pihaknya juga mesti mempelajari karakter penumpang yang mengakses layanan. Pasalnya, dari hasil evaluasi, Transjakarta rute Kalideres-Bandara Soetta banyak diminati karyawan bandara dan berhenti di terminal kargo.

"Jika (bagasi) itu ditambahkan, itu penumpang yang mau ke terminal satu, dua atau tiga tentu perlu effort ya. Nah ini tentu kita terus pelajari karakter penumpangnya," kata Syafrin.

Sebelumnya, Syafrin menyebut Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) merekomendasikan besaran tarif layanan Transjakarta rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta) Rp 5.000. Rekomendasi ini bakal dibahas di internal Pemprov DKI.

"Hari ini sudah terbit rekomendasi DKTJ, yang diusulkan untuk tarif itu DKTJ mengusulkan itu 5000 rupiah, tentu ini akan masih kami bahas di tingkat provinsi setelah kami menerima surat dari usulan DTKJ tersebut," kata dia.

Syafrin menjelaskan, tarif Rp 5.000 usulan DTKJ tersebut adalah nilai yang diperoleh setelah adanya pemotongan public service obligation (PSO) atau subsidi tiket. Menurut dia, jika tak ada PSO, maka tarif yang dikenakan untuk layanan Transjakarta ke Bandara bisa mencapai Rp 12 ribu.

"Tentu ada subsidi dengan besaran Rp 5. 000. Akan ada subsidi karena tarif keekonomiannya sekitar per 12 ribu," ucap Syafrin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Uji Coba Diperpanjang

Sementara itu, uji coba Transjakarta rute Bandara Soetta masih terus dilakukan Pemprov DKI Jakarta. Uji coba ini akan terus diberlakukan hingga penentuan tarif layanan rampung ditentukan.

"Sekarang masih terus dilakukan uji coba sampai dengan kita mendapatkan tarif yang ideal, izin uji coba bisa diperpanjang," kata dia.

Dishub DKI Jakarta juga tengah berkoordinasi dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), menunggu penetapan izin layanan Transjakarta rute Bandara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.