Sukses

DKI Promosikan Pembangunan IKN di Pertemuan Kepala Daerah se-ASEAN, Strategi Gaet Investor?

Menurut Heru Budi, penayangan video pembangunan IKN dalam forum pertemuan gubernur dan wali kota se-ASEAN tersebut wajar dilakukan Pemprov DKI Jakarta untuk mempromosikan IKN.

Liputan6.com, Jakarta Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyampaikan tujuan ditampilkannya video pembangunan Ibu Kota Negara (IKN), Nusantara dalam forum Meeting of Governors and Mayors of ASEAN Capitals (MGMAC) dan ASEAN Mayors Forum (AMF) 2023.

Diketahui, video tersebut ditampilkan pada hari pertama MGMAC-AMF 2023 yang digelar pada Selasa, 1 Agustus 2023.

Menurut Heru, penayangan video pembangunan IKN dalam forum pertemuan gubernur dan wali kota se-ASEAN tersebut wajar dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk mempromosikan IKN.

"Sudah sewajarnya kita semuanya termasuk kami, pemerintah daerah mempromosikan, menyampaikan, memberitahukan, kepada anggota-anggota ASEAN di level gubernur dan wali kota bahwa ini ada program pemerintah membangun Ibu Kota, IKN dan itu wajar," kata Heru dalam konferensi pers di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Rabu (2/8/2023).

Heru menyampaikan, kegiatan promosi pembangunan IKN Nusantara lewat tayangan video akan membawa dampak baik. Heru meyakini, para kepala daerah se-ASEAN menangkap maksud yang disampaikan pemerintah dari video tersebut.

"Mempromosikan itu akan lebih baik, jadi ada nilai-nilai positif yang mereka bisa tangkap, itu tergantung dari kota-kota ASEAN," kata Heru Budi. 

Saat ditanyai perihal apakah sudah ada kepala daerah yang tertarik untuk berinvestasi, Heru tak menjawab lugas. Dia menyerahkan persoalan tersebut kepada pemerintah pusat.

"Ya itu nanti tanya di level pusat," ucap dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menteri Retno Marsudi: IKN Bakal Jadi Manivestasi Bagi Indonesia

Sebelumnya Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi juga memamerkan pembangunan Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara di Kalimantan Timur kepada delegasi dan kepala daerah se-ASEAN.

Hal ini disampaikan Retno dalam acara Meeting of Governors and Mayors of ASEAN Capitals (MGMAC) and ASEAN Mayors Forum (AMF) 2023 yang digelar di Hotel Fairmont, Senayan, Selasa, 1 Agustus 2023.

Pada acara pembukaan MGMAC-AMF 2023, perwakilan delegasi, gubernur, serta wali kota se-ASEAN ditampilkan video pembangunan IKN Nusantara. Retno mengatakan, IKN bakal menjadi manifestasi bagi Indonesia untuk tumbuh lebih inklusif dan berkelanjutan.

"Tuan dan nyonya, tadi telah ditampilkan video sebuah ibu kota baru Indonesia, Nusantara. Ini adalah manifestasi dari komitmen Indonesia untuk bertransformasi menjadi lebih inklusif dan berkelanjutan di masa depan," kata Retno.

 

3 dari 3 halaman

IKN, Kota Pertama di Indonesia dan Bebas Emisi

Retno menjelaskan, IKN direncanakan menjadi kota pertama di Indonesia, bebas emisi atau netral karbon pada 2045. Hal ini, kata Retno juga sejalan dengan tujuan keketuaan ASEAN.

"Takdir dari masa depan kami yang menjanjikan berada di tangan kita. Aksi bersama kami hari ini akan memberikan dampak esok hari untuk memenuhi visi jangka panjang ASEAN 2045," ucap Retno.

Dalam sambutannya, Retno juga menyampaikan pesan yang dititipkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi kepada para delegasi kepala daerah se-ASEAN. Jokowi ingin para delegasi menikmati momen kedatangannya ke Indonesia.

"Saya ingin menyampaikan salam hangat dari Presiden Joko Widodo untuk Anda semua. Ia berharap pertemuan Anda hari ini dan besok berlangsung dengan baik dan anda menikmati waktu anda selama di Jakarta," kata dia.

Lebih lanjut, Retno menyebut setidaknya ada tiga agenda utama yang harus diupayakan secara bersama-sama. Antara lain resiliensi kesehatan, ketahanan pangan, dan transisi energi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini