Sukses

Cuaca Indonesia Hari Ini Minggu 6 Agustus 2023: Sebagian Besar Wilayah Cerah dan Cerah Berawan

Ada pun cuaca cerah di pagi hari ini terjadi di kota-kota seperti Banda Aceh, Denpasar, Serang, Bengkulu, Yogyakarta, Jakarta Pusat, Gorontalo, Jambi, Bandung, dan Semarang.

Liputan6.com, Jakarta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca cerah dan cerah berawan mendominasi sejumlah kota besar di Indonesia hari ini, Minggu (6/8/2023). Tak hanya pagi, namun terus berlanjut hingga malam nanti. Demikian info cuaca hari ini di Tanah Air yang dilaporkan BMKG lewat laman resminya.

Ada pun cuaca cerah di pagi hari ini terjadi di kota-kota seperti Banda Aceh, Denpasar, Serang, Bengkulu, Yogyakarta, Jakarta Pusat, Gorontalo, Jambi, Bandung, Semarang, Surabaya, Bandar Lampung, Tanjung Pinang, Pekanbaru, Mando, dan masih banyak lagi. 

Begitu pun saat memasuki siang hari. Cuaca cerah di Indonesia masih terus bertahan disebagian besar wilayah. Meski ada sebagian kota yang diprediksi BMKG bakal turun hujan dengan intensitas ringan, seperti Pangkal Pinang, Manokwari, dan Kota Medan.

Malam hari, cuaca Indonesia kembali diprediksi cerah dan cerah berawan. Sementata, hujan terjadi untuk wilayah Palangkaraya, Kota Jayapura, Manokwari, dan Medan.

Berikut informasi prakiraan cuaca Indonesia hari ini, selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG:

 Kota   Pagi   Siang  Malam
 Banda Aceh  Cerah  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Denpasar  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
Serang Cerah Cerah Berawan Berawan
Bengkulu Cerah Berawan Cerah Cerah Berawan
Yogyakarta Cerah Berawan Cerah Berawan Berawan
Jakarta Pusat Cerah Berawan Cerah Berawan Cerah Berawan
Gorontalo Cerah Berawan Cerah Berawan Cerah Berawan
Jambi Cerah Berawan Cerah Berawan Berawan
Bandung Cerah Berawan Cerah  Cerah Berawan
Semarang Cerah Berawan Cerah Berawan Berawan
Surabaya  Cerah  Cerah Berawan Cerah 
Pontianak Berawan Hujan Ringan Berawan
Banjarmasin Berawan Berawan Berawan
Palangkaraya  Berawan Berawan Hujan Ringan
Samarinda Berawan Tebal  Berawan Cerah Berawan
Tarakan Cerah Berawan Cerah Berawan Cerah Berawan
Pangkal Pinang Berawan Hujan Ringan Cerah Berawan
 Tanjung Pinang  Cerah Berawan  Berawan  Cerah Berawan
 Bandar Lampung  Cerah  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Ambon  Berawan Tebal   Berawan  Berawan
 Ternate   Cerah Berawan  Berawan   Cerah Berawan
 Mataram  Cerah Berawan  Berawan   Cerah Berawan
 Kupang  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Kota Jayapura  Berawan  Berawan  Hujan Ringan
Manokwari Berawan Hujan Ringan Hujan Ringan
Pekanbaru Cerah Cerah Berawan Cerah Berawan
Mamuju Cerah Berawan Cerah Berawan Cerah Berawan
Makassar Cerah Berawan Cerah Berawan Berawan
Kendari  Cerah Berawan Cerah Berawan Cerah Berawan
Manado Cerah Cerah Berawan Cerah
Padang Cerah Cerah Berawan Berawan
Palembang Berawan Berawan Cerah Berawan
Medan Berawan Hujan Sedang Hujan Sedang
2 dari 3 halaman

HomeNewsPeristiwa Cuaca Hari Ini Sabtu 5 Agustus 2023: Jabodetabek di Akhir Pekan Dominan Cerah Berawan Maria FloraMaria Flora Diperbarui 05 Agu 2023, 09:51 WIB Copy Link 11 Ilustrasi Cuaca Jakarta Perbesar Cuaca Jakarta Cerah Berawan (Istimewa) Liputan6.com, Jakarta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan prakiraan cuaca untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, pada Sabtu (5/8/2023). Untuk DKI Jakarta, pagi hari ini cuaca dilaporkan berawan. Sedangkan siang hingga malam nanti, langit diprediksi bakal cerah berawan disebagian besar wilayah DKI Jakarta. Enam+02:30VIDEO: Mahfud MD Jenguk Sultan Rifa'at Korban Kabel Fiber Optik Kondisi cuaca yang sama juga terjadi untuk daerah penyangga Ibu Kota. BMKG menyebutkan langit cerah menaungi wilayah Depok dan Bekasi pagi ini, sementara Bogor dan Tangerang dilaporkan cerah berawan. Cuaca cerah hari ini di keempat kota penyangga Jakarta terus berlangsung hingga siang nanti. Namun, malam harinya mulai diselimuti cuaca berawan. Berikut informasi prakiraan cuaca hari ini, Sabtu di Jabodetabek selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG: Kota Pagi Siang Malam Jakarta Barat Berawan Berawan Cerah Berawan Jakarta Pusat Berawan Cerah Berawan Cerah Berawan Jakarta Selatan Berawan Berawan Cerah Berawan Jakarta Timur Berawan Cerah Berawan Cerah Berawan Jakarta Utara Berawan Cerah Berawan Cerah Berawan Kepiulauan Seribu Berawan Cerah Cerah Berawan Bekasi Cerah Cerah Berawan Berawan Depok Cerah Cerah Berawan Berawan Bogor Cerah Berawan Cerah Berawan Berawan Tangerang Cerah Berawan Cerah Berawan Berawan by TaboolaSponsored Links Pakaian dalam wanita dijual di dekat Batu Ampar Pakaian Dalam Wanita | Iklan Pencarian Mencari pekerjaan internasional dari rumah? Temukan hasil sekarang Bekerja di Rumah | Cari Iklan 2 dari 3 halaman BMKG Prediksi Puncak El Nino pada Agustus-September, Dampaknya Mulai Terasa

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) prediksi puncak terjadinya El Nino pada Agustus-September 2023. BMKG pun mengingatkan semua pihak terkait dampak yang ditimbulkan fenomena El Nino yang mulai terasa.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menuturkan, El Nino sesuai hasil prediksi sudah mulai terjadi di Indonesia sejak Juli. Akan tetapi, sesuai hasil prediksi juga, ia menuturkan, El Nino masih lemah pada awal Juli.

Dwikorita menuturkan, dalam hal ini dampak El Nino pada awal Juli masih kurang signifikan atau kurang terasa karena El Nino masih lemah. Demikian mengutip dari Antara, Kamis 20 Juli 2023.

Namun, beberapa hari lalu, sesuai hasil prediksi, indeks El Nino semakin menguat dari yang awalnya masih lemah mulai menjadi moderat.

“Ini baru mulai menjadi moderat. Makanya kami terus gencar mengimbau, mengingatkan, dengan El Nino yang semakin moderat atau semakin menguat, tentunya dampaknya akan menguat juga,” ujar dia. 

3 dari 3 halaman

Dampak El Nino

Dwikorita menuturkan, puncak terjadinya El Nino akan berlangsung pada Agustus-September. Hal itu akan berakibat pada musim kemarau yang lebih kering dari kemarau saat tidak terjadi El Nino seperti pada 2020, 2021, dan 2022.

Ia menuturkan, jika kondisinya semakin kering, dampak lanjutnya adalah lahan dan hutan menjadi mudah terbakar.

“Itu yang harus diantisipasi, dicegah, jangan mudah membuang puntung rokok atau menyulut di lahan atau di hutan,” tutur dia.

Dia mengatakan, El Nino juga berdampak ke petani karena air semakin kurang sehingga  sektor pertanian akan terganggu.

Dengan demikian, BMKG sejak awal 2023 sudah melakukan persiapan, salah satunya dengan menggelar Sekolah Lapangan Iklim bagi petani agar dapat beradaptasi selama terjadinya El Nino dengan menyesuaikan pola tanam.

“Tentunya kami bekerja sama dengan dinas-dinas pertanian di berbagai daerah di Indonesia,” ujar dia.

Video Terkini