Sukses

Viral Video Brimob Disebut Masuk Masjid Pakai Sepatu, Kapolda Sumbar: Itu Aula Pertemuan

Viral di media sosial memperlihatkan sejumlah anggota Brimob Polri mengenakan sepatu di sebuah ruangan yang disebut sebagai Masjid Raya Sumbar.

Liputan6.com, Jakarta - Viral di media sosial memperlihatkan sejumlah anggota Brimob Polri mengenakan sepatu di sebuah ruangan yang disebut sebagai Masjid Raya Sumbar. Kapolda Sumatera Barat (Sumbar) Irjen Suharyono pun memastikan, aula tersebut bukanlah tempat ibadah melainkan ruang pertemuan.

Kapolda Sumatera Barat menyatakan, tidak ada anggotanya yang seenaknya menginjak-injak tempat ibadah untuk sholat menggunakan sepatu.

"Simpang siur terkait dengan nginjak-nginjak tempat ibadah sudah saya jelaskan bahwa itu adalah lantai dasar dan bukan tempat ibadah," tutur Suharyono kepada wartawan, Senin (7/8/2023).

Menurut dia, ruangan yang digunakan oleh masyarakat untuk tidur itu bukanlah area suci tempat pelaksanaan sholat, melainkan aula yang difungsikan sebagai tempat pertemuan atau pelaksanaan kegiatan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov). Warga yang masuk ke ruangan itu pun juga menggunakan sandal dan alas kaki lainnya.

Penjelasan itu pun dikuatkan pernyataan Pengurus Harian Masjid Raya Sumbar Rizardi Maarif. Dia mengatakan, ruangan di bawah masjid merupakan aula untuk berkumpul.

"Jadi kita menaruh mereka tidur di lantai saja kan nggak bagus juga, makanya kita kasih karpet. Jadi bukan tempat sholat, itu tempat pertemuan," ujar Rizardi.

2 dari 2 halaman

Polda Sumbar Pulangkan Warga yang Unjuk Rasa dan Menginap di Masjid

Sebelumnya, Polda Sumbar telah mengamankan kepulangan masyarakat Pigogah Nagari Air Bangis yang sudah enam hari melaksanakan unjuk rasa di Kota Padang.

"Kegiatan ini berlangsung dengan aman dan terkendali, semua masyarakat yang tidur dan menginap sementara di masjid raya sudah kita pulang kan dan dikawal oleh PJR, Brimob, Samapta dan kita pastikan aman sampai ke Pasaman Barat," kata Kapolda Sumbar Irjen Suharyono.

Video Terkini