Sukses

Turdes Kemerdekaan, Gubernur Sahbirin Bawa Empat Misi di Kotabaru

Dalam turdes itu, kata Gubernur Sahbirin, ada empat misi yang dibawanya. Pertama adalah pengentasan stunting, kedua mengenai penurunan angka inflasi. Ketiga terkait dengan perekaman data pemilih pemula untuk Pemilu 2024, terakhir mengenai penanaman pohon untuk program revolusi hijau.

Liputan6.com, Kotabaru Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor melakukan kegiatan turun ke desa (Turdes) Kemerdekaan Bergerak Lintas Beribu Sungai Banua pada Senin (7/8). Bersama rombongannya. Gubernur Sahbirin pun tiba di Kecamatan Pulau Laut Sigam di Kotabaru dan disambut dengan atraksi silat kuntau.

"Saya sangat terpukau dengan kai (kakek) tadi saat atraksi silat kuntau. Walaupun beliau sudah tua, tapi tetap semangat melakukan silat kuntau," ujar Gubernur Sahbirin. 

Dalam kesempatan itu, dia mengatakan bahwa Indonesia tidak akan pernah merdeka tanpa perjuangan dari para leluhur. Menghadapi penjajah yang penuh dengan senjata, Indonesia hanya menggunakan alat sederhana dan juga ilmu bela diri.

 

"Ilmu bela diri tersebutlah yang dapat memenangkan kita dari penjajah, terutama di Kalimantan Selatan yaitu silat kuntau," katanya sambil menjelaskan mengenai momen turdes yang disebutnya harus dimanfaatkan masyarakat sebaik mungkin.

Dalam turdes itu, kata Gubernur Sahbirin, ada empat misi yang dibawanya. Pertama adalah pengentasan stunting, kedua mengenai penurunan angka inflasi. Ketiga terkait dengan perekaman data pemilih pemula untuk Pemilu 2024, terakhir mengenai penanaman pohon untuk program revolusi hijau. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Datangi SMAN 2 Kotabaru

Turdes selanjutnya dan di hari yang sama, Gubernur Sahbirin SMAN 2 Kotabaru. Dalam kunjungan yang berkaitan dengan misi pengentasan stunting, Gubernur Sahbirin mengatakan pada 2045 Indonesia akan menuju Indonesia emas dengan jumlah penduduk yang cukup banyak dan bonus demografi. 

"Kelebihan penduduk ini tentu saja kita mengharapkan, juga diimbangi dengan kualitas yang tinggi," katanya.

Maka dari itu, lanjutnya, untuk kehidupan bangsa yang akan datang, sangat ditentukan oleh pemuda hari ini. Pemuda yang berkualitas, tentunya dapat membuat bangsa kita semakin terdepan.

Dalam kesempatan itu, Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Kotabaru, Abdul Gapur mengaku sangat senang atas kunjungan Gubernur Kalsel. Menurutnya, kegiatan ini merupakan langkah konkrit yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Kalsel. 

"Saya menyaksikan sendiri, Gubernur Kalsel telah mendatangi daerah ke pelosok di Kalsel. Sebelumnya tidak ada, hal ini juga merupakan langkah konkrit Gubernur Kalsel kepada masyarakat dalam melakukan empat misi tersebut," katanya. 

 

3 dari 3 halaman

Gubernur Sahbirin Beri Bantuan Peralatan Olahraga

Momentum kegiatan turdes Kemerdekaan Bergerak Lintas Beribu Sungai Banua, dimanfaatkan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kalsel untuk memberikan bantuan peralatan olahraga.

Penyerahan bantuan olahraga pada kegiatan turdes langsung dilakukan Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel, Hermansyah di SMAN 2 Kotabaru, Senin (7/8). 

"Sejumlah peralatan olahraga yang diberikan ini diharapkan dapat dimanfaatkan para siswa untuk terus melakukan kegiatan olahraga, sehingga dapat melahirkan bibit atlet," kata Sahbirin. 

Sementara itu, Kadispora Kalsel, Hermansyah menambahkan pada kegiatan turdes ke-9 Gubernur Kalsel ini pihaknya memberikan bantuan olahraga di dua kabupaten yakni Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru.

"Jadi kami hanya dua Kabupaten karena sesuai dengan titik pembagian koordinator dinas di setiap persinggahan rombongan turdes," katanya.

Adapun bantuan olahraga yang diberikan berupa bola voli, basket, futsal dan perlengkapan lainnya. 

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini