Sukses

Upacara HUT ke-78 RI Besok, Cek Pengalihan Lalu Lintas di Kawasan Istana

Polisi menyiapkan rekayasa pengalihan arus lalu lintas di kawasan sekitaran Istana Merdeka, pada saat upacara HUT ke-78 RI besok Kamis 17 Agustus 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Polisi menyiapkan rekayasa pengalihan arus lalu lintas di kawasan sekitaran Istana Merdeka, pada besok Kamis 17 Agustus 2023. Pengalihan arus lalu lintas berlaku pada saat upacara peringatan HUT ke-78 RI.

"Pengalihan arus seputaran istana negara dalam rangka upacara hari Kemerdekaan RI ke-78," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman dalam keterangan tertulis, Rabu (16/8/2023).

Latif menerangkan, arus lalu lintas dari arah Tugu Tani atau Jalan Medan Merdeka Selatan menuju jalan Medan Merdeka Utara dialihkan.

"Arus lalin dialihkan ke Jalan Perwira," ujar dia.

Berikutnya, arus lalu lintas dari arah Jalan Hayam Wuruk menuju Jalan Majapahit atau Jalan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Juanda atau ke Jalan Suryopranoto.

Selanjutnya, arus lalu lintas yang akan menuju ke Jalan Veteran 1, Veteran 2, Veteran 3 ditutup.

Sementara itu, arus lalu lintas dari arah Bundaran Patung Kuda menuju traffic light Harmoni mengalir. Pun demikian arus lalu lintas dari arah Kedubes AS menuju Bundaran Patung Kuda.

"Mengalir," ucap dia.

Terpisah, Kasat Lantas Wilayah Jakarta Pusat Kompol Purwanta menerangkan, pemberlakuan bakal diberlakukan mulai besok pagi.

"Kami tutup dari pas pasukan masuk saja. Kalau pasukan enggak masuk masih normal. Jadi sifatnya tentatif aja," tandas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Upacara HUT ke-78 RI di Istana Akan Dihadiri 8.000 Tamu Undangan

Indonesia akan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-78 pada 17 Agustus 2023 mendatang. Peringatan HUT RI ke-78 di Istana Merdeka nanti rencananya akan dihadiri 8.000 tamu undangan.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan bahwa perayaan bulan kemerdekaan kali ini akan dilakukan secara berbeda dan lebih semarak, mulai dari banyaknya jumlah undangan, berbagai kegiatan kenegaraan, serta acara pendukung.

"Ada sedikit perbedaan, yang pertama adalah kami full undangan secara fisik jumlahnya kurang lebih pagi hari 8.000 dan sore harinya, seperti itu," kata Heru dalam konferensi pers, Senin (31/7/2023).

Berbeda dari biasanya, kata dia, upacara peringatan detik-detik proklamasi akan diawali kirab bendera pusaka dan pertunjukan seni yang dilakukan dengan jarak dan durasi yang lebih lama.

Selain itu, pada tahun ini pertunjukan fly pass pesawat tempur juga akan dilakukan oleh semua matra TNI.

"Ini kami panjangkan jalurnya dari cawan Monas menuju patung kuda, dari sana dari patung kuda belok ke kanan melewati kantornya Ibu Wamen (Wamenparekraf) dan beberapa kantor kementerian terus lanjut masuk Istana," kata Heru menjelaskan.

"Sehingga kami harapkan masyarakat juga bisa melihat di dalam Monas maupun di sepanjang jalan yang tadi saya sampaikan Merdeka Barat," ujar dia..

Rangkaian Acara Bulan KemerdekaanSementara itu, Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Setya Utama menjelaskan bahwa rangkaian kegiatan kenegaraan akan dimulai dengan acara zikir kebangsaan yang digelar pada Selasa, 1 Agustus 2023.

Kemudian, dilanjutkan dengan penganugerahan tanda kehormatan pada tanggal 14 Agustus, dan pengukuhan Paskibraka pada tanggal 15 Agustus.

"Kemudian pidato Presiden pada sidang tahunan MPR dan sidang bersama DPR/DPD, serta pidato penyampaian RAPBN semuanya pada tanggal 16 Agustus," tutur Setya .

Pada tanggal 17 Agustus, Setya Utama melanjutkan, upacara apel kehormatan dan renungan suci serta Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi akan dilakukan.

"Acara intinya adalah Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan upacara penurunan bendera pada tanggal 17 Agustus 2023, didahului dengan kirab bendera pusaka dan pertunjukan seni," ujar dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini