Sukses

PDIP: Pidato Jokowi di Sidang Tahunan DPR/MPR soal Pemimpin Merujuk ke Ganjar Pranowo

Hasto memastikan, Jokowi ingin pemimpin selanjutnya adalah seseorang yang memiliki kepercayaan publik dan mampu membangun karakter yang berbudaya.

Liputan6.com, Jakarta - Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menanggapi pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat sidang tahunan DPR-MPR kemarin. Menurut Hasto, pidato presiden merujuk pada pemimpin masa depan yang diartikan sebagai sosok Ganjar Pranowo.

“Ketika watak pemimpin yang disampaikan di dalam pidato kenegaraan yang punya karakter punya energi untuk lari maraton ya hanya Pak Ganjar. Sehingga itulah makna dari pidato bapak presiden,” kata Hasto di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung Jakarta, Kamis (17/8/2023).

Hasto menambahkan, Jokowi melalui pidatonya juga menyinggung soal peluang besar bangsa Indonesia masa depan. Khususnya, tentang strategi pembangunan dari desa untuk memanfaatkan bonus demografi Indonesia Emas.

“Suatu strategi dalam membangun loncatan kemajuan melalui infrastruktur, hilirisasi, itu yang seharusnya ditangkap bersama,” ungkap Hasto.

Hasto memastikan, Jokowi ingin pemimpin selanjutnya adalah seseorang yang memiliki kepercayaan publik dan mampu membangun karakter yang berbudaya.

“Jadi penting watak pemimpin dimana pemimpin itu harus memiliki public trust, membangun karakter budaya yang baik, harus punya energi bagaikan lari marathon,” tutur Hasto.

2 dari 2 halaman

PDIP Bangga Foto Jokowi Disandingkan di Baleho Caleg

Kemudian, soal banyaknya calon-calon anggota legislatif yang kerap menggunakan foto Presiden Jokowi sebagai medium promosi, Hasto mengaku tidak keberatan. Menurut dia, hal itu menjadi bukti bahwa Jokowi adalah contoh kader partai yang berhasil dalam berproses.

“Tentang pasang foto, PDIP bangga karena kader PDIP yang berproses dari wali kota, gubernur, menjadi presiden dan diperjuangkan seluruhnya dari anak ranting, ranting PAC, DPC, DPD hingga DPP dengan bertaruh nyawa,” bangga Hasto.

Hasto mengingat, pada saat memperjuangkan Jokowi di tingkat gubernur, saat itu Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengumpulkan para kadernya yang menjadi bupati di sekolah partai untuk konsolidasi dukungan. 

“Terrnyata akhirnya Pak Jokowi berprestasi dan kemudian diterima oleh seluruh parpol yang lain dan itu membanggakan PDIP,” Hasto menutup.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia
    Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia

    Ganjar Pranowo

  • PDIP

Video Terkini