Sukses

Jokowi Tertawa Lihat Kopiah Panjang Khas Madura Ala Ricky saat HUT ke-78 RI di Istana

Presiden Joko Widodo atau Jokowi tampak tertawa melihat kopiah atau peci panjang nyentrik yang dikenakan salah satu tamu undangan Perayaan HUT Ke-78 RI di Istana Negara bernama Ricky.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi tampak tertawa saat melihat kopiah atau peci panjang nyentrik yang dikenakan salah satu tamu undangan Perayaan HUT Ke-78 RI di Istana Negara bernama Ricky.

Sebagaimana dilansir dari Antara, Ricky merupakan salah satu tamu yang memperoleh predikat busana terbaik dalam Perayaan HUT ke-78 RI dengan mengenakan busana khas Madura, Jawa Timur.

Busana Madura yang dikenakan Ricky, yakni kaus bermotif garis merah putih horizontal yang dipadukan dengan luaran hitam dan celana hitam.

Namun yang menarik, Ricky mengenakan sebuah kopiah hitam panjang sekitar lebih dari 30 cm. Dia juga mengenakan kaca mata hitam.

Saat Ricky maju ke lapangan Istana Merdeka untuk menerima hadiah sepeda, Jokowi tampaxk tertawa melihat Ricky. Begitu pula Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang duduk di sebelah Presiden.

Selain Ricky ada sejumlah tamu yang menjadi pemenang kostum terbaik, yakni Azalea dengan pakaian adat Rote, Susanti pakaian adat Lampung, Karlina pakaian adat Jawa Tengah, serta Andrian pakaian adat Alor.

2 dari 2 halaman

Upacara Penurunan Bendera Merah Putih Berlangsung Khidmat

Sebelumnya, upacara penurunan bendera merah putih pada HUT ke-78 RI berlangsung khidmat. Pada upacara penurunan bendera merah putih tersebut, para tamu undangan khidmat menyaksikan rangkaian acara.

Upacara tersebut pun berlangsung lancar tanpa ada kendala dan kejadian yang tidak diinginkan.

Rangkaian acara berlangsung sejak sekitar pukul 16.30 WIB, Kamis (17/8/2023), di Istana.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin upacara tersebut. Jokowi tak memakai baju adat seperti saat upacara pengibaran bendera merah putih pagi tadi. Sore ini, Jokowi mengenakan setelan jas lengkap berwarna biru tua, kemeja putih dan dasi merah.

Pada upacara penurunan bendera ini, Tim Indonesia Jaya lah yang beraksi. Keyla Azzahra Purnama yang merupakan perwakilan dari Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih saat diturunkan.