Sukses

4 Fakta Benda Mencurigakan Diduga Bom di Perumahan Wisma Asri Bekasi Utara

Oleh warga sekitar, benda mencurigakan diduga bom tersebut ditemukan sekitar pukul 07.00 WIB di depan toko kelontong kawasan Wisma Asri, Bekasi.

Liputan6.com, Jakarta Temuan benda mencurigakan di duga bom belum lama ini menggegerkan warga di Perumahan Wisma Asri, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi. Bagaimana tidak, digambarkan benda tersebut berbentuk pipa dan ada kabelnya.

Warga pun langsung bertindak cepat dengan melaporkan temuan benda diduga bom tersebut ke Polres Metro Bekasi Kota. Usai menerima laporan tersebut, polisi mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) dan melakukan pengecekan.

Setelah Satuan Jibom Korps Brimob Polri diturunkan dan mengecek benda mencurigakan itu, dapat dipastikan bahwa benda tersebut bukanlah bom peledak. 

"Bukan bom ya. Jadi itu alat untuk menghambat daya, bentuknya pipa gitu. Jadi yang ditemukan di lokasi itu ada seperti semen nya, itu ada kabelnya," kata Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Dani Hamdan kepada wartawan, Senin.

Kini, petugas tengah mencari dan memburu keberadaan dari pemilik benda mencurigakan yang ditaruh di  depan sebuah toko kelontong. 

Jika bukan bom, lantas benda apakah itu hingga bikin geger warga Wisma Asri? Berikut sederet fakta temuan benda mencurigakan di depan sebuah toko yang diduga bom peledak: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Benda Diduga Bom Adalah Alat Penghemat Daya

Polisi sebelumnya telah memastikan benda yang ditemukan di Wisma Asri, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi. Bukan bom, namun sebuah alat penghemat daya.

Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Pol Dani Hamdani mengatakan benda tersebut masih diamankan untuk kepentingan penyelidikan.

"Diamankan, masih didalami siapa yang simpan," kata Dani, Senin (21/8/2023).

Dani menyebutkan, benda tersebut merupakan alat penghambat daya berbentuk pipa yang disemen dan terdapat kabel di dalamnya.

"Bukan bom, ya. Jadi itu alat untuk menghambat daya, bentuknya pipa gitu," ujarnya.

3 dari 5 halaman

2. Diletakkan di Depan Toko Kelontong

Menurutnya, benda tersebut diletakkan di depan toko kelontong. Polisi bersama Tim Gegana Polda Metro Jaya menuju lokasi usai menerima laporan.

"Kita cek ke lokasi, anggota kepolisian ke TKP, kemudian ada juga dari Brimob, juga dari tim Jibom untuk mengecek dan melakukan pemeriksaan dan seperti itu hasilnya," jelasnya.

Benda tersebut ditemukan dalam bungkusan berwarna hitam. Setelah dibuka, benda mencurigakan tersebut berupa pipa putih dan terdapat kabel di dalamnya sehingga warga mengira itu adalah bom.

4 dari 5 halaman

3. Belum Diketahui Siapa Pemilik Benda Mencurigakan

Dani menerangkan, benda mencurigakan persis berada di depan toko. Belum diketahui siapa pemilik maupun orang yang meletakkan benda tersebut.

"Sekarang sudah terkendali (benda) diamankan, masih didalami siapa yang simpan," ujar dia.

5 dari 5 halaman

4. Situasi di Lokasi Kondusif

Situasi di sekitar lokasi saat ini dipastikan sudah kembali kondusif. Warga sekitar juga telah beraktivitas seperti biasa.

Sebelumnya, temuan benda mencurigakan mirip bom menggegerkan warga Wisma Asri, Bekasi Utara, Kota Bekasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.