Sukses

Cuaca Hari Ini Kamis 24 Agustus 2023: Pagi Jabodetabek Langitnya Diprediksi Cerah

Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) pada pagi hari ini, Kamis (24/8/2023) diprediksi cerah, kecuali Tangerang, Banten cerah berawan. Seperti itulah prakiraan cuaca hari ini, Kamis (24/8/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) pada pagi hari ini, Kamis (24/8/2023) diprediksi cerah, kecuali Tangerang, Banten cerah berawan. Seperti itulah prakiraan cuaca hari ini, Kamis (24/8/2023).

Langit Jakarta pada siang nanti keseluruhannya diprakirakan cerah berawan, kecuali Jakarta Selatan berawan, berdasarkan laporan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Di malam hari nanti, Ibu Kota Jakarta langitnya diprediksi BMKG bakal cerah berawan tanpa terkecuali dan tak ada awan hujan sama sekali.

Wilayah penyangganya yaitu Bekasi dan Depok, Jawa Barat, siang hari diprakirakan cerah lalu malam nanti berawan. Sedangkan di Kota Bogor, Jawa Barat, siangnya diprediksi cerah berawan dan malam hari nanti berawan.

Senada, Kota Tangerang, Banten, siang harinya juga diprakirakan cerah berawan, lalu malam nanti berawan.

Berikut informasi prakiraan cuaca Jabodetabek selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id:

 Kota  Pagi  Siang   Malam 
 Jakarta Barat  Cerah Berawan  Berawan  Cerah Berawan
 Jakarta Pusat   Cerah Berawan  Cerah  Cerah
 Jakarta Selatan   Cerah Berawan  Berawan  Cerah Berawan
 Jakarta Timur   Cerah Berawan  Berawan  Cerah Berawan
 Jakarta Utara   Cerah Berawan  Cerah  Cerah
 Kepulauan Seribu   Cerah Berawan  Cerah  Cerah
 Bekasi   Cerah  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Depok   Cerah   Hujan Ringan  Berawan
 Kota Bogor   Cerah  Hujan Ringan  Berawan
 Tangerang  Cerah  Cerah Berawan  Hujan Ringan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Ada Awan, Modifikasi Cuaca Tekan Polusi Udara Jakarta Tak Bisa Dilakukan hingga Agustus

Sebelumnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan, Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk menekan polusi udara belum dapat dilakukan di wilayah DKI Jakarta hingga akhir Agustus 2023. Pasalnya, tidaknya ada awan di langit Jakarta.

Hal ini disampaikan Asep dalam rapat kerja bersama Komisi D DPRD DKI Jakarta membahas "Polusi Udara di Jakarta" di Ruang Rapat Komisi D Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa 22 Agustus 2023.

Menurut Asep, kesimpulan ini didapat usai Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berkoordinasi dengan Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) RI membahas rencana Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

"TMC untuk wilayah DKI Jakarta masih sulit dilakukan karena memang ketidaktersediaan awan. Jadi awan itu jadi faktor penentu TMC itu bisa dilakukan atau tidak. Ternyata hasil dari observasi, TMC ini belum bisa dilakukan di Jakarta hingga tanggal 28, 29 Agustus ini," kata Asep.

Asep menyampaikan, sebelumnya Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah melakukan TMC pada 19-20 Agustus 2023. Namun, tidak adanya awan menyebabkan hujan hasil TMC tidak sampai ke Jakarta.

"Jadi memang kesulitan itu menjadi dasar, tidak dapat turun hujan di wilayah Jakarta. 3 hari kemarin, BMKG sudah lakukan TMC dan hasilnya hujan hanya di wilayah pinggir Jakarta, yang dilaporkan Pamulang hari minggu hujan, Bogor hujan dan Depok gerimis," jelas Asep.

3 dari 4 halaman

Pemprov Akan Kerja Sama dengan BMKG dan BRIN untuk Tekan Polusi

Oleh sebab itu, Asep menyebut ke depan DLH DKI Jakarta bakal bersinergi dengan BMKG dan BRIN menempuh opsi lain menekan polusi udara.

Nantinya, kata dia, direncanakan pemasangan generator di gedung-gedung tinggi di wilayah Ibu Kota.

"Ke depannya kami dan BMKG dan BRIN akan mencoba lagi ingin memasang semacam generator di beberapa gedung di DKI Jakarta. Nanti malam akan ada rapat kembali untuk pemasangannya, di samping akan ada upaya lainnya, untuk dapat modifikasi lagi," jelas Asep.

4 dari 4 halaman

Menjaga Kesehatan Rambut di Tengah Cuaca Panas

Cuaca panas dapat memiliki dampak yang signifikan pada tubuh dan kesehatan rambut seseorang. Paparan sinar matahari yang berlebihan bisa mengakibatkan keringat berlebih.

Bahkan, dehidrasi dapat menyebabkan kerusakan pada struktur rambut serta kulit kepala. Sinar UV matahari dapat merusak lapisan pelindung alami rambut, membuatnya kering, rapuh, dan pecah-pecah.

Hal ini mengakibatkan rambut sulit diatur dan mudah patah. Sinar matahari dapat memudarkan warna rambut, terutama pada rambut yang diwarnai.

Pigmen rambut dapat terkikis oleh sinar UV, menyebabkan warna rambut menjadi kusam dan kehilangan kecerahannya. Cuaca panas dapat menyebabkan kulit kepala kering dan berketombe.

Sementara itu, peningkatan keringat dan dehidrasi dapat mengganggu keseimbangan kelembapan alami kulit kepala, menyebabkan ketidakseimbangan minyak dan kelembapan.

Penggunaan alat pemanas seperti hair dryer, curling iron, atau straightener bersamaan dengan cuaca panas dapat mengakibatkan kerusakan lebih lanjut pada rambut.

Rambut yang terpapar panas berlebihan cenderung mudah patah dan kehilangan elastisitas. Kulit kepala yang terbakar akibat paparan sinar matahari dapat memicu rasa tidak nyaman dan mengganggu kesehatan rambut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.