Sukses

Raih Penghargaan Kategori Desa Wisata Merdeka Awards 2023, Sumbar Siapkan 50 Desa Agrowisata

Dia menekankan bahwa pemerintah Sumatera Barat akan bersinergi dengan kabupaten atau kota untuk menghadirkan kekhasan dari setiap nagari di berbagai daerah tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Sumatera Barat memperoleh penghargaan sebagai desa wisata dalam Inspirasi Indonesia Merdeka Awards 2023 yang diselenggarakan oleh Merdeka.com.

Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah mengatakan, penghargaan ini merupakan semangat bagi pemerintah yang saat ini telah menyiapkan lebih dari 300 desa atau nagari dengan 50 desa yang dijadikan sebagai agrowisata.

“Sesuai dengan Falsafah adatnya ada di sana,  yaitu adat Salingkanagari. Jadi keunikan, kekhasannya ada di setiap nagari.  Oleh karena itu, kepada Bapak Ibu semuanya ketika hadir ke nagari dari Sumatera Barat pasti akan merasakan perbedaan dan kekhasan,” kata Mahyeldi di Merdeka Award, Jakarta, Rabu (30/8/2023).

Dia menekankan bahwa pemerintah Sumatera Barat akan bersinergi dengan kabupaten atau kota untuk menghadirkan kekhasan dari setiap nagari di berbagai daerah tersebut.

“Jadi kita dorong dengan pelompong dasar wisata dan pendampingan yang kita berikan, maka ini akan memberikan pergerakan ekonomi di setiap nagari,” pungkasnya.

Oleh karena itu, pemerataan pertumbuhan ekonomi di Sumatera Barat setiap nagari bergerak. Diketahui sekarang ini pemerintah menghadirkan kegiatan-kegiatan di setiap nagari, salah satunya organisasi pemerintah daerah (OPD) yang bertujuan untuk memaksimalkan dan memperkenalkan budaya dan ciri khas dari Sumatera Barat.

Adapun katanya, dengan adanya acara seperti Merdeka Award ini menginformasikan kepada berbagai pihak untuk mengetahui keunikan-keunikan di daerah Sumatera Barat.

“Nanti kita harapkan Merdeka juga bisa meliput nagari kami ini, sehingga nanti akan terlihat kekhasannya akan lebih banyak lagi yang hadir ke atas Sumatera,” katanya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemprov NTB Sukses Kembangkan Desa Wisata

Selain Sumatera Barat, penghargaan kategori desa wisata juga didapatkan oleh pemerintah Nusa Tenggara Barat (NTB). Seperti diketahui, NTB merupakan destinasi wisata super prioritas (DPSP). Artinya, daerah tersebut memiliki kegiatan atau event-event internasional, seperti MotoGP yang akan diadakan pada 13-15 Oktober 2023.

“Tahun ini kita ada sekitar 12 event internasional dan yang sudah kita laksanakan sekitar enam. Insya Allah tinggal enam lagi kita laksanakan tahun ini. Puncaknya yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat dunia yaitu MotoGP,” kata Kepala Dinas Pariwisata NTB Jamaluddin, Jakarta (30/8/2023).

“Kami berharap dari seluruh dunia maupun nusantara bahkan seluruh kementerian harus nonton MotoGP. Bukan hanya nonton tapi berwisata,” lanjutnya.

Sebelumnya, dalam acara Merdeka Award ini terdapat enam kategori penghargaan, yakni program penguatan ekspor daerah, desa wisata, reformasi birokrasi, inovatif pendampingan UMKM, inovatif untuk negeri, dan sosok inspiratif untuk Indonesia. Untuk kategori program desa wisata dimenangkan oleh Provinsi Sumatera Barat, Kutai Timur, Jawa Timur, NTB, Kabupaten Gianyar, dan Maros.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.